Ragam Cara Mengecilkan Paha, Hasilnya Maksimal!
photo/Ilustrasi/ChinaHao.com
Health

Ragam Cara Mengecilkan Paha, Hasilnya Maksimal!

Jumat, 06 Desember 2019 17:19 WIB 06 Desember 2019, 17:19 WIB

INDOZONE.ID - Paha adalah salah satu bagian tubuh yang sering jadi penilaian tubuh ideal seseorang. Rasanya, kalau punya paha besar, pasti tidak percaya diri.

Apalagi, buat para kaum hawa yang sangat konsen memerhatikan penampilan tubuh, terutama bagian paha.

Karena itu pula, banyak orang rela melakukan berbagai cara, untuk mengecilkan paha sesuai dengan ukuran yang mereka inginkan.

Ada juga sebagian orang yang sampai menjalani prosedur operasi sedot lemak dan sejenisnya loh.

Latihan Khusus Untuk Mengecilkan Paha

Untuk membuat paha lebih ramping sebenarnya dapat dibantu dengan aktivitas atau latihan fisik sederhana berikut ini.

1. Berenang

berenang
photo/Pixabay

Menurut seorang ahli gizi Katherine Zertsky, RD, LD, olahraga berenang sangat efektif mengecilkan ukuran paha.

Tapi syaratnya, kamu harus rutin berenang dan jangan 'angin-anginan' ya.

2. Calf Raises

Calf Raises
photo/tennislifemag.com

Cara mengecilkan paha lainnya adalah dengan gerakan Calf Raises, yang mudah untuk dilakukan.

Cara melakukan latihan ini tidak terlalu sulit. Pertama, kamu berdiri tegak dengan kaki dalam posisi rapat.

Angkatlah badanmu ke atas dan biarkan tumit terangkat sedikit. Oh iya, gunakan ujung kaki sebagai penumpu badan.

3. Bersepeda

bersepeda
Unsplash/@ocen

Bersepeda tidak hanya sekadar hobi, tapi ternyata memberi manfaat pada tubuh. Salah satunya, efektif mengecilkan paha.

Coba kamu luangkan waktu sekitar 30-60 menit setiap hari (pagi/sore) untuk bersepeda. Lalu, lihat perubahan pada ukuran pahamu.

4. Squat Jump

squat jump
photo/Get Healthy U

Selanjutnya, cara mengecilkan paha dan betis, bisa dilakukan dengan latihan alternatif squat jump. Berikut step-nya:

  • Awali dengan pemanasan dan melompat di tempat (sekitar 5-7 kali)
  • Posisikan tubuh dalam kondisi berdiri tegak lurus dengan posisi kaki terbuka lebar
  • Lompatlah perlahan dan mendarat dengan posisi lutut sedikit ditekuk (setengah jongkok)
  • Ulangi latihan ini (5-12 kali) setiap hari

5. Naik Turun Tangga

naik turun tangga
photo/RunSociety

Kamu tidak perlu repot pergi ke tempat fitness atau gym untuk mengecilkan paha. Karena, kamu cuma butuh tangga di rumah.

Dengan latihan naik turun tangga beberapa kali seiap hari, bisa bikin paha lebih kecil dan kencang.

6. Lompat Tali

lompat tali
photo/Bmx United

Latihan lompat tali secara aktif membakar lemak dan membuat otot-otot paha menjadi lebih kencang.

Selain simpel, lompat tali bisa dilakukan di mana saja, baik itu di rumah atau di luar sekalipun.

7. Jogging

jogging
photo/Nathan Cowley

Jogging tak hanya menurunkan berat badan, tapi juga mengecilkan anggota-anggota tubuh lain, tidak terkecuali bagian paha.

Buat para pemula, sebaiknya mulai jogging dengan durasi waktu 15-20 menit saja setiap pagi.

Nantinya kalau sudah terbiasa, intensitas waktu jogging bisa ditingkatkan lebih lama lagi.

Cara Mengecilkan Paha dengan Makanan

Latihan-latihan khusus di atas tentu tidak akan memberi hasil maksimal tanpa didukung dengan pola makan yang sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa bantu kamu mendapatkan ukuran paha ideal:

1. Makanan Berprotein

makanan berprotein yoghurt
photo/Pexels/Life Of Pix

Yoghurt, putih telur, kacang-kacangan, dan susu termasuk jenis makanan dengan kandungan protein tinggi.

Mengonsumsi makanan berprotein dapat meningkatkan massa otot dan membakar kalori jahat di dalam tubuh.

Kandungan protein pada yoghurt bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan paha dan perut secara alami.

2. Makanan Berserat

makanan berserat
photo/Pixabay

Contoh makanan berserat tinggi yakni sayuran hijau, apel, pir, oatmeal, biji-bijian, gandum, mangga, kentang, dan jagung.

3. Makanan dengan Lemak Essensial Tinggi

minyak zaitun
photo/Pixabay

Lemak essensial (omega-3) dapat membakar kolesterol jahat dan menyehatkan organ-organ dalam tubuh.

Adapun makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 meliputi ikan salmon, biji-bijian, minyak zaitun, dan alpukat.

4. Teh Hijau

teh hijau
photo/Pexels/Maria Tyutina

Salah satu manfaat teh hijau adalah mengatasi masalah paha besar karena mengandung ECGC yang dapat mengikis lemak dalam tubuh.

Rutinlah minum 3 cangkir teh hijau dengan campuran susu rendah lemak/susu krim, setiap hari.

Coba lakukan selama 3 hari berturut-turut dan bisa lihat sendiri khasiatnya.


Nah, itulah tadi ragam cara mengecilkan paha dan betis dan bahkan perut, dengan latihan khusus dan beberapa makanan yang bisa kamu coba dari sekarang.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Jangan lupa baca berita dan artikel menarik lainnya hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU