Tips Mengembalikan Nafsu Makan saat Hamil
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Garon Piceli)
Health

Tips Mengembalikan Nafsu Makan saat Hamil

Ternyata mudah.

Jumat, 06 Maret 2020 21:27 WIB 06 Maret 2020, 21:27 WIB

INDOZONE.ID - Ketika hamil perempuan mengalami perubahan pada hormonnya. Perubahan ini tentu menyebabkan berbagai masalah dan gangguan pada tubuh si calon ibu. Terlebih lagi bagian pencernaan, tubuh akan terasa mual dan enggan mengonsumsi asupan makanan atau minuman.

Tapi tenang, kamu nggak perlu panik kok, Indozone akan berbagi informasi mengenai penanganan kesulitan mengonsumsi makan saat hamil.

Dilansir dari Herworld, untuk mengakali jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh, kamu bisa mengatur pola makan 2 jam sekali. Meskipun sedikit, cobalah untuk memasukkan makanan ringan yang kaya akan nutrisi dan gizi. Misalnya saja sayuran, buah-buahan, gandum atau roti.

Tips Mengembalikan Nafsu Makan saat Hamil, Ternyata Mudah
Ilustrasi buah-buahan. (Pexels/Trang Doan)

Untuk mengalihkan rasa bosan, kamu bisa mencoba ragam menu baru yang akan dikonsumsi. Ajaklah pasangan kamu untuk makan di restoran favorit, untuk menumbuhkan nafsu makan.

Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, kacang-kacangan dan telur. Jenis makanan ini sangat penting untuk perkembangan janin. Meskipun sedang hamil dan butuh asupan makanan, kamu juga harus bisa mengontrol ya.

Saat hamil, indera penciuman jauh lebih tajam, oleh sebab itu hindari makanan yang memiliki bau menyengat. Pastikan bahan-bahan yang ada pada makanan ringan dan tidak memicu rasa mual. Sejumlah pakar juga menyarankan agar, ibu hamil mengonsumsi air jahe. Hal ini bermanfaat untuk mencegah rasa mual serta menghangatkan tubuh.

Jahe juga berkhasiat memasok energi berlebih pada tubuh. Maklum, perempuan hamil membutuhkan banyak stamina. Kehangatan dan kesegaran yang diberikan jahe dijamin bisa meningkatkan nafsu makan kamu yang sempat hilang. Dan yang paling penting, jaga baik-baik pikiran kamu untuk mengurangi stres pada saat hamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
Syarifah Noer Aulia
JOIN US