The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi: Gejala Long Covid Dapat Diredakan dengan Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin covid-19. (REUTERS)
Health

Studi: Gejala Long Covid Dapat Diredakan dengan Vaksin Covid-19

Perlu penelitian lebih lanjut.

Jumat, 19 Maret 2021 18:51 WIB 19 Maret 2021, 18:51 WIB

INDOZONE.ID - Para ahli mengklaim bahwa long covid dapat diredakan dengan bantuan vaksin Covid-19, melansir Times of India, Jumat (19/3/2021).

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari North Bristol NHS Trust dan University of Bristol, vaksinasi Covid dapat meredakan gejala pada pasien yang menderita dampak jangka panjang dari Covid-19.

Studi tersebut, mengamati kasus 44 pasien Covid lama yang divaksinasi dan 22 pasien Covid yang tidak divaksinasi.

Sebelum vaksinasi, sebagian besar pasien menunjukkan gejala yang serius dan mengeluhkan kelelahan, sesak dan susah tidur.

BACA JUGA:Penggunaan Vaksin AstraZeneca Dapat Lampu Hijau dari BPOM

Pada bulan Januari dan Februari, beberapa peserta menerima vaksinasi, diikuti gejala yang dicocokkan dengan mereka yang belum divaksinasi. Sebulan kemudian, kedua kelompok dinilai kembali dan ditanya apakah gejala mereka membaik, memburuk atau tetap sama.

Para peneliti menemukan penurunan 5,6 persen dalam gejala yang memburuk dan 23,2 persen peningkatan dalam resolusi gejala di antara peserta yang divaksinasi berlawanan dengan 14,2 persen dan 15,4 persen untuk masing-masing yang tidak divaksinasi.

Namun, para ilmuwan mengklarifikasi bahwa studi tersebut terlalu kecil untuk membuat kesimpulan yang tegas. Menurut mereka, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung klaim tersebut.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US