The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Penyebab Orang Tidur Mendengkur atau Ngorok, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Ilustrasi tidur mendengkur (mirror.co.uk)
Health

6 Penyebab Orang Tidur Mendengkur atau Ngorok, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Rabu, 09 September 2020 12:12 WIB 09 September 2020, 12:12 WIB

INDOZONE.ID - Kebiasaan tidur mendengkur atau ngorok pasti sangat mengganggu kenyamanan tidur orang di sekitar. Bukan cuma itu, mendengkur bisa menjadi berbahaya kalau sampai membuat napas berhenti selama tidur atau disebut sleep apnea.

Lalu, apa sih penyebab orang tidur mendengkur? Kali ini Indozone akan membahas seputar penyebab dan cara mengatasi mendengkur.

Mendengkur atau mengorok adalah kondisi di mana seseorang mengeluarkan suara keras (parau) ketika tidur. Ini terjadi karena saluran pernapasan yang menyempit.

Penyebab Orang Tidur Mendengkur atau Mengorok

penyebab orang tidur mendengkur atau mengorok ketika tidur
Ilustrasi tidur mendengkur (mirror.co.uk)

Menurut medis, suara dengkuran disebabkan karena saluran pernapasan menyempit dan bergetar ketika dilalui oleh aliran udara.

Ada beberapa faktor penyebab seseorang mendengkur atau mengorok. Berikut ini penjelasannya, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Obesitas (kegemukan)

Biasanya, orang-orang dengan berat badan berlebihan cenderung sering mengorok saat tidur. Hal ini karena banyak lemak (tonus otot) yang tertimbun di sekitar tenggorokan dan leher sehingga membuat jalan napas menyempit.

2. Gangguan pada hidung

Saluran hidung tersumbat dapat membuat orang mendengkur keras saat tidur. Hal ini karena sekat lubang hidung yang bengkok. Cara cepat mengatasi penyebab mendengkur ini dengan semprotan hidung, untuk membantu melegakan saluran napas.

3. Anatomi (bentuk) mulut

Anatomi atau bentuk mulut juga bisa menjadi faktor penyebab mendengkur yang dialami seseorang tiap kali terlelap. Misalnya, orang yang memiliki langit-langit mulut terlalu rendah, tebal atau lunak, serta posisi rahang yang salah akibat otot tegang.

4. Masalah tiroid

Tiroid dengan fungsi buruk dapat menyebabkan kesulitan bernapas saat tidur. Hal ini yang membuat orang mendengkur karena masalah tiroid memengaruhi jalan napas atas.

5. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan membuat otot tenggorokan menjadi rileks. Ini yang menjadi penyebab seseorang mendengkur berlebihan selama tidur.

6. Tidur posisi telentang

Tidur dengan posisi telentang juga bisa membuat tenggorokan menyempit dan lidah turun ke bawah, sehingga menghalangi aliran udara. Alhasil, orang yang tidur telentang cenderung sering mendengkur.

Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur atau Mengorok

penyebab cara mengatasi tidur mendengkur atau mengorok
Ilustrasi cara mengatasi tidur mendengkur (laurelsmilesdentalcare.com)

Jika kamu atau orang terdekatmu memiliki kebiasaan mendengkur atau mengorok ketika tidur, coba lakukan beberapa cara mengatasi tidur mendengkur. Ulasannya sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan

Agar kebiasaan mendengkur berhenti yaitu dengan menurunkan berat badan ke batas normal. Caranya, konsumsi makanan sehat, batasi porsi makan, dan berolahraga secara teratur.

2. Hindari konsumsi alkohol dan merokok

Jika kamu termasuk orang yang sering mengonsumsi alkohol dan merokok, baiknya mulai dari sekarang hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih dan merokok, apalagi sebelum tidur.

3. Mengubah posisi tidur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab tidur mendengkur lantaran posisi tidur telentang. Maka disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping supaya kebiasaan mengorok bisa dihindari.

4. Ubah gaya hidup

Beberapa kebiasaan seperti sering menggunakan obat penenang dan alkohol dapat memicu tidur mendengkur. Untuk itu sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut sebagai cara mengatasi kebiasaan tidur mengorok.


Demikianlah penjelasan seputar penyebab mendengkur dan cara mengatasi tidur mendengkur atau mengorok yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US