The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapan Bayi Dibolehkan Minum Air Putih?
Ilustrasi balita minum air putih. (Freepik)
Health

Kapan Bayi Dibolehkan Minum Air Putih?

Moms wajib tau.

Rabu, 21 Oktober 2020 19:49 WIB 21 Oktober 2020, 19:49 WIB

INDOZONE.ID - Air merupakan salah satu kebutuhan untuk tubuh yang sangat penting. Kita semua perlu minum air untuk bertahan hidup. Namun yang menjadi pertanyaan, kapan bayi dibolehkan minum air putih?

Melansir Boldsky, Rabu (21/10/2020), meskipun air putih sangat baik untuk kesehatan, sebaiknya pemberian air putih untuk bayi harus ditunda. Bayi baru lahir tidak perlu diberikan air putih sampai usia 6 bulan. Karena air susu ibu (ASI) mengandung 80% air sehingga kebutuhan air bayi akan terpenuhi dengan sendirinya.

Bahkan jika bayi diberi susu formula, tidak boleh memberikan air kepada bayi secara terpisah, dan dilarang menambahkan terlalu banyak air ke dalam susu formula.

Setelah bayi berusia lebih dari enam bulan, para ibu baru boleh memberikan air putih memakai sendok kecil. Dan jika bayi mulai mengonsumsi makanan padat, pastikan menambah jumlah air yang akan diberikan.

Lantas, berapa banyak air yang bisa diminum bayi per hari? Perlu digarisbawahi, tidak boleh memberikan terlalu banyak air karena akan menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan elektrolit lain di dalam tubuh bayi.

Ketika sudah berusia satu tahun, bayi bisa minum air seperti orang normal. Namun jangan pernah memaksanya untuk minum. Biarkan ia minum air putih atas keinginannya sendiri.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US