The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Buah 2020: Cukupi Asupan Buah di Tengah Pandemi Virus Corona
Ilustrasi buah sehat (Freepik)
Health

Hari Buah 2020: Cukupi Asupan Buah di Tengah Pandemi Virus Corona

Rabu, 01 Juli 2020 10:04 WIB 01 Juli 2020, 10:04 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini 1 Juli 2020 diperingati sebagai Hari Buah Internasional. Hari Buah pertama kali diperingati pada tahun 2007 di Berlin, Jerman. Perayaan Hari Buah biasanya untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi buah setiap hari.

Awalnya seorang mahasiswa dari Universitas Alice Solomon di Berlin, Jerman mengadakan sebuah perkumpulan untuk membicarakan keahlian dan keterampilan setiap mahasiswa. Akhirnya tercetuslah untuk melakukan kegiatan sosial membagikan makanan berupa buah-buahan.

Kegiatan sosial ini terus berkembang dilakukan sampai sekarang. Tak hanya ingin mengajak makan makanan sehat, Hari Buah juga dimaksudkan untuk menebar semangat dan bahagia dengan cara yang berbeda.

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, penting sekali bagi kita untuk mengonsumsi buah. Kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan pada buah mampu mempertahankan imunitas tubuh.

Buah
Ilustrasi buah (Medium)

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, Rabu (1/7/2020), dibutuhkan 400 gram buah dan sayur setiap hari. Dengan persentase, 250 gram sayur dan 150 gram buah. Misalnya mengonsumsi dua pisang atau 1 potong pepaya atau 3 jeruk berukuran sedang. 

Sementara itu, bagi orang Indonesia berusia dewasa sekiranya membutuhkan 400-600 gram buah. Sedangkan 300-400 gram buah untuk usia anak. Jumlah ini merupakan cakupan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Terlebih lagi di tengah pandemi virus corona dan masa transisi new normal seperti saat ini, sangat penting bagi kita untuk memastikan mengonsumsi buah sesuai kebutuhan tubuh. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro
Syarifah Noer Aulia
JOIN US
JOIN US