The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Efektif dan Aman, Nikmati Prosesnya!
Ilustrasi badan gemuk (freepik.com)
Health

5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Efektif dan Aman, Nikmati Prosesnya!

Menurunkan berat bedan tidak bisa dilakukan dengan cepat

Senin, 06 Juni 2022 14:06 WIB 06 Juni 2022, 14:06 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki kelebihan berat badan, bagi sebagian orang, menjadi salah satu hal yang mengurangi tingkat kepedean. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kepedean adalah dengan menurunkan berat badan tersebut. Namun, menurunkan berat badan tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. 

Banyak hal yang mesti dilakukan secara rutin untuk bisa mendapatkan bert badan ideal. Berikut ini tips menurunkan berat badan yang bisa kamu ikuti. 

Tips Menurunkan Berat Badan 

tips menurunkan berat badan
Ilustrasi berolahraga (freepik.com)

Pada dasarnya, kunci dalam mengurangi berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan menyeimbangkanya dengan melakukan olahraga. 

Dengan melakukan hal ini, berat badan ideal akan didapatkan dan berat badan ideal akan terjaga dalam jangka panjang. Kebiasaan pola hidup sehat yang membantu menurunkan berat badan tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut ini. 

1. Mengukur indeks massa tubuh (BMI)

Tips menurunkan berat badan yang pertama adalah mengukur indeks massa tubuh (BMI). Mengukur BMI berguna untuk mengetahui seberapa banyak berat badan harus diturunkan. 

Hal ini menjadi hal pertama yang harus dilakukan saat ingin memulai hidup sehat. Jadi, pola makan dan aktivitas olahraga dapat dirancang terlebih dahulu. Dengan demikain proses menurunkan berat badan semakin efektif. 

2. Mengatur pola makan 

Mengatur pola makan yang benar akan membantu membuat metabolisme tubuh menjadi seimbang. Hal ini juga akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Ketika metabolisme tubuh seimbang, maka berat badan ideal bisa didapatkan. 

Dalam hal ini, mengatur pola makan bisa dimisalkan dengan memilih makan tiga kali sehari dengan dua atau tiga camilan, makan lima sampai enam kali, atau makan setiap tiga sampai empat jam. Semua ini dilakukan dengan mengkonsumsi makanan porsi kecil. 

Tak hanya itu, mengkonsumsi lebih banyak buah, sayur, dan makanan mengandung serat sebagai sarapan dan camilan juga akan membantu mengurangi berat badan. 

Dengan demikian kamu bisa makan dalam jumlah yang sama, tetapi asupan kalori lebih sedikit.

3. Rutin Olahraga 

Tips menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Tak ada artinya melakukan diet tanpa berolahraga. Melakukan aktivitas olahraga dapat memberikan stres pada tubuh dan membuat fluktuasi kadar gula darah.

Selain itu, berolahraga juga dapat membentuk oto, mempercepat metabolisme, dan tentu menurunkan berat badan. Namun, hal ini harus rutin dilakukan agar berat badan ideal bisa didapatkan. 

4. Tidur cukup 

Kurangnya waktu tidur akan menaikkan berat badan. Maka itu, tidur cukup selama enam sampai delapan jam per hari mesti dilakukan. Usahakan juga untuk menghindari begadang karena lapar di malam hari akan membuat tips menurunkan berat badan kamu terganggu. 

5. Jaga pola makan saat stress 

Saat stress sebagian orang sering merasakan hawa nafsu meningkat. Hal ini tentu memicu adanya peningkatan berat badan. Oleh karenanya, saat stress penting untuk menjaga nafsu makan saat sedang stress. Hal ini menjadi tips menurunkan berat badan. 

Tips Menurunkan Berat Badan Lainnya 

tips menurunkan berat badan
Ilustrasi berolahraga (freepik.com)

Beberapa hal di atas adalah tips menurunkan berat badan yang dapat diterapkan dengan serangkaian proses yang harus dilalui dan tentu tidak mudah dan cepat. 

Maka itu, jika kamu merasa stress saat menjalani hal ini, cobalah untuk melakukan tips menurunkan berat badan dengan memberi jeda dan variasi agar diet yang dijalani tidak stuck. 

Hal yang dapat diterapkan pada tips ini adalah dengan memberi satu hari jeda untuk kita bisa makan apapun, namun tidak melebihi standar kalori normal saat tidak diet, yakni sekitar 1800-2000 kalori. 

Jadwal puasa rutin juga bisa ditambahkan bila perlu, seperti 2-3 kali dalam sepekan. Selain itu, bisa juga melakukan variasi olahraga. 

Demikian tips menurunkan berat badan yang bisa kamu ikuti. Menurunkan berat badan tentu bukan suatu hal yang mudah, maka itu nikmati saja prosesnya dan kuatkan tujuanmu dalam menurunkan berat badan agar saat menjalaninya kamu tidak akan merasa stress. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US