The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibu-ibu Pencuri Cokelat di Alfamart Disebut Idap Klepto, Penyakit Mental untuk Mencuri
Ilustrasi wanita mencuri. (Freepressjournal)
Health

Ibu-ibu Pencuri Cokelat di Alfamart Disebut Idap Klepto, Penyakit Mental untuk Mencuri

Harus diobati.

Senin, 15 Agustus 2022 13:43 WIB 15 Agustus 2022, 13:43 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini kasus ibu-ibu bermobil mewah curi cokelat di Alfamart tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, setelah video pencurian tersebut viral, karyawan Alfamart yang merekam aksi pencurian tersebut justru harus meminta maaf.

Ibu-ibu yang belakangan diketahui bernama Mariana itu menyuruh karyawan Alfamart meminta maaf karena dianggap telah menyebarkan video pencurian yang dilakukan dirinya. Dia merasa nama baiknya telah tercemar.

Banyak yang heran mengapa ibu-ibu tersebut mencuri cokelat, padahal bila dilihat dari mobilnya yang mewah ia sebenarnya cukup mampu untuk membeli cokelat. Karena itu, muncul dugaan bahwa ibu-ibu tersebut mengidap kleptomania atau lebih dikenal dengan Klepto.

Klepto termasuk penyakit mental

Dikutip dari Mayoclinic, klepto adalah ketidakmampuan berulang untuk menahan dorongan mencuri barang-barang yang biasanya tidak terlalu kamu butuhkan. Barang yang diambil biasanya bernilai kecil.

Klepto termasuk gangguan kesehatan mental yang langka namun serius dan bisa menyebabkan banyak rasa sakit emosional pada diri sendiri dan orang yang lain bila tidak diobati.

Klepto juga termasuk jenis gangguan kontrol impuls, gangguan yang ditandai dengan masalah kontrol diri emosional atau perilaku.

Baca juga: Alfamart Pasang Badan, Karyawan Diancam UU ITE Oleh Konsumen yang Tepergok Curi Cokelat

Banyak orang klepto yang menjalani kehidupannya dengan rasa malu yang tersembunyi karena mereka merasa takut untuk mencari perawatan kesehatan mental.

Pengobatan penyakit klepto sendiri bisa dilakukan dengan terapi bicara (psikoterapi), cara ini bisa membantu mengakhiri siklus pencurian kompulsif.

Penyebab dan gejala klepto

Sampai saat ini, belum ada peneliti yang bisa memastikan penyebab klepto. Namun, beberapa teori menunjukkan bahwa perubahan di otak mungkin menjadi akar dari klepto.

Berikut beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seseorang mengidap klepto:

  • Masalah dengan bahan kimia otak yang terjadi secara alami yang disebut serotin. Serotin sendiri membantu mengatur suasana hati dan emosi.
  • Ganngguan adiktif. Mencuri bisa menyebabkan pelepasan dopamin yang menyebabkan perasaan yang menyenangkan dan beberapa orang biasanya mencari perasaan yang bermanfaat ini berulangkali.
  • Sistem opioid otak. Dorongan ini diatur oleh sistem opioid otak. Ketidakseimbangan dalam sistem ini bisa membuat lebih sulit untuk menahan dorongan.

Adapun gejala dari kleptomania itu sendiri yaitu:

  • Ketidakmampuan untuk menahan dorongan kuat mencuri barang yang tidak dibutuhkan
  • Merasakan peningkatan ketegangan, kecemasan atau gairah yang mengarah pada pencurian
  • Merasakan kesenangan, kelegaan atau kepuasan saat mencuri
  • Merasa sangat bersalah, menyesal membenci diri sendiri, malu atau takut ditangkap setelah pencurian
  • Kembalinya dorongan dan pengulangan siklus kleptomania

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US