The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gini Loh Moms Cara Chelsea Olivia Cegah Anak Kena Dermatitis Popok yang Bahaya Banget
Chelsea Olivia dan Dante (Instagram/@chelseaoliviaa)
Health

Gini Loh Moms Cara Chelsea Olivia Cegah Anak Kena Dermatitis Popok yang Bahaya Banget

Rabu, 07 September 2022 14:09 WIB 07 September 2022, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Pakai popok bayi yang enggak cocok bisa picu dermatitis. Nah gini loh Moms cara mencegahnya, bahkan artis Chelsea Olivia pun menerapkannya. 

Faktanya, sekira 50% bayi mengalami dermatitis popok dengan usia di bawah 12 bulan.2 Dermatitis popok ditandai dengan kulit pada area popok si kecil mengalami reaksi inflamasi. 

Pada kondisi ini, kulit akan mengalami kemerahan, ruam, bahkan dapat mengelupas pada bagian paha, selangkangan, pinggang dan pantat si kecil. Jika tidak dirawat dengan tepat, maka dapat mengakibatkan infeksi.

Dokter Spesialis Anak  dr. S.T Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, menjelaskan, dermatitis popok dapat dicegah dengan manajemen yang baik dari orangtua. Selain menjaga kebersihan kulit, menghindari zat yang bersifat iritan.

"Ibu juga perlu memperhatikan penggunaan popok sehari-hari si kecil. Apalagi, kulit pada area popok si kecil merupakan daerah yang lebih lembap," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima INDOZONE

Kalau kondisinya kulit lembap, ungkap dr Andreas,  bakteri dan jamur bisa gampang berkembang. Makanya ukuran, waktu penggunaan, serta kualitas popok menjadi hal yang harus selalu diperhatikan untuk mencegah terjadinya dermatitis popok pada si kecil.


CEO MAKUKU Indonesia Jason Lee mengatakan, pada dasarnya kegunaan popok itu bisa meningkatkan kelembapan kulit bayi. Popok yang baik, menurut dia, penyerapannya lebih merata, anti gumpal dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak. 

"Kemampuannya mengunci cairan dengan baik akan mencegah osmosis balik, anti bocor, dan menjaga permukaan kulit tetap kering sehingga mencegah terjadinya dermatitis popok," terangnya. 

Chelsea Olivia menambahkan, gawatnya dermatitis popok membuatnya khawatir dengan kondisi kesehatan anaknya yakni Dante. Apalagi ia mengakui kalau baru tahu bahwa ternyata 50% bayi mengalami masalah dermatitis popok. 

"Saya sebagai seorang ibu semakin memerhatikan perawatan yang tepat untuk kulit sensitif Dante. Popok yang dipakai seharian haruslah saya pilih yang  dapat menyerap cairan secara optimal serta bahannya aman bagi kulit sehingga tidak memicu iritasi," bebernya. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania
Editor
JOIN US
JOIN US