The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Hanya Buah dan Sayur, Serat Juga Bisa Diperoleh dari Karbohidrat Loh!
Ilustrasi buah dan sayur. (FREEPIK/sommail)
Health

Bukan Hanya Buah dan Sayur, Serat Juga Bisa Diperoleh dari Karbohidrat Loh!

Selasa, 24 Januari 2023 21:30 WIB 24 Januari 2023, 21:30 WIB

INDOZONE.ID - Kebanyakan dari kita untuk memenuhi asupan serat biasanya akan lebih banyak konsumsi buah dan sayur. Padahal serat tidak hanya bisa didapat dari buah dan sayur saja.

Dilansir Antara, Pakar gizi klinik dr Juwalita Surapsari, Sp.GK mengingatkan orang-orang bahwa asupan serat bisa diperoleh dari karbohidrat.

"Selain sayur dan buah yang memang wajib, tetapi kita bisa juga bisa menambahkannya dari pilihan karbohidrat yang benar," ujarnya dikutip dari Antara.

Baca juga: Kiat Jaga Kebersihan Mulut saat Puasa, Dokter: Makanan Berserat Bantu Cegah Gigi Berlubang

Juwalita juga mengatakan, konsumsi protein nabati dapat meningkatkan asupan serat karena di dalam sumber protein nabati terdapat pula serat.

"Kacang-kacangan kan sumber protein nabati, tetapi juga punya serat," kata dia yang juga menuturkan pentingnya asam amino dalam protein nabati harus saling melengkapi.

Asupan sumber serat diketahui bermanfaat dalam penurunan berat badan seseorang. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition yang dipublikasikan tahun 2021 menemukan, peningkatan asupan serat membantu subjek penelitian menurunkan berat badan secara independen dari faktor lain dalam diet.

makanan karbohidrat
Ilustrasi makanan karbohidrat. (FREEPIK/azerbaijan-stockers)

Sebuah studi tahun 2018 dalam jurnal Nutrition juga menemukan bahwa ketika subjek hanya berfokus pada peningkatan jumlah serat dan protein tanpa lemak dalam makanan mereka, mereka makan sedikit kalori dan akibatnya berat badan pun turun.

Baca juga: Kaya Air dan Serat, Ini 5 Manfaat Bengkoang Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Menurut Juwalita, sebuah studi di Malaysia menyatakan tak ada efeknya untuk penurunan berat badan apabila seseorang mendahulukan konsumsi buah ketimbang makanan lain dalam menu dietnya.

Juwalita juga mengingatkan, buah dan sayur yang dikonsumsi dalam kondisi mentah memungkinkan mengandung nilai gizi yang masih optimal atau utuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri
Writer
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US