Mencuci Tangan Pakai Hand Sanitizer Terlalu Sering Bisa Memicu Infeksi
Ilustrasi mencuci tangan (Pixabay/Martin Slavoljubovski)
Health

Mencuci Tangan Pakai Hand Sanitizer Terlalu Sering Bisa Memicu Infeksi

Sabtu, 29 Februari 2020 18:30 WIB 29 Februari 2020, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini virus corona memang menjadi kekhawatiran banyak orang. Hal ini membuat masyarakat sangat selektif dalam menjaga kesehatannya, agar terhindar dari virus tersebut.

Salah satu cara yang dilakukan ialah mencuci tangan. Mencuci tangan dilakukan dengan optimal yakni dengan menggunakan hand sanitizer dan mencucinya terlalu sering.

Meski sangat dianjurkan mencuci tangan untuk menghindari virus ini, tapi terlalu sering juga tidak baik, apalagi menggunakan hand sanitizer yang beralkohol. Karena cara ini dapat meningkatkan risiko infeksi melalui gangguan kulit.

Tak hanya itu saja, mencuci tangan dengan sabun dan dilakukan terlalu sering bisa mengikis kulit. Kedua cara tersebut akan menghilangkan flora bakteri normal. Flora bakteri ini melapisi kulit dan membantu menangkis setiap serangan agen patogen seperti norovirus.

Selain itu penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol juga buat kulit berminyak sehingga tak bisa menyerap air. Tentunya ini buat kulit tangan menjadi kasar dan pecah-pecah.

Nah, jadi tak perlu terlalu sering menggunakan hand sanitizer atau sabun saat mencuci tangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU