5 Kiat Jitu Redakan Sakit Kepala Akibat Migrain
Ilustrasi sakit kepala migrain. (Unsplash/Sebastian Herrmann)
Health

5 Kiat Jitu Redakan Sakit Kepala Akibat Migrain

Stres, salah satu pemicu utama migrain

Astrid
Sabtu, 14 September 2019 07:19 WIB 14 September 2019, 07:19 WIB

INDOZONE.ID - Sakit kepala sebelah akibat migren adalah kondisi yang tidak mengenakkan. Aktivitas jadi terganggu akibat kepala yang pusing dan terus berdenyut. Neurolog di Cleveland Clinic Zubair Ahmed menuturkan tidak ada pengobatan khusus yang bisa 100 persen melenyapkan migrain.

Akan tetapi, migrain dapat diminimalisir dengan menerapkan gaya hidup sehat serta menghindari stres. Dikutip dari MensHealth, inilah tujuh kiat agar kita terhindar dari migrain.

1. Minum riboflavin atau suplemen magnesium.

Menurut Ahmed beberapa suplemen termasuk vitamin B2 (riboflavin) dan magnesium terbukti mampu mencegah migrain. Studi yang dipublikasikan di jurnal Headache menyebut mereka yang mengonsumsi 600 miligram magnesium merasa migrain yang menyerang semakin berkurang. Selain itu, 400 miligram riboflavin terbukti mampu mencegah terjadinya migrain selama sekitar dua bulan.

2. Hindarkan diri dari stres berlebihan.

Stres adalah salah satu pemicu utama migrain. “Stres merilis banyak unsur kimia pada otak atau membuat migrain semakin buruk. Selama merasa stres, kimia termasuk epinephrine dan kortisol dirilis ke darah. Stres selama hari kerja kadang berakibat migren ketika akhir pekan,” ujar Ahmed.

3. Mintalah resep obat ke dokter.

Menurut neurolog UNC Health Care Gary Jay, obat-obatan untuk penderita migrain dibagi menjadi dua kategori yaitu abortif dan preventif. Obat abortif diberikan saat migren datang dengan tujuan menghentikan berlanjutnya migren. Salah satu obat yang termasuk abortif adalah triptan yang menstimulasi serotonin di otak dan mengurangi sakit akibat inflamasi.

4. Berhenti konsumsi makanan olahan.

Kebiasaan makan fast food menjadi salah satu penyebab seringnya terkena migren. Jay mengatakan pola makan dan diet memberi pengaruh berbeda pada setiap pasien. 

“Sangat penting mengidentifikasi apa makanan yang menjadi pemicu migren. Sekali teridentifikasi, makan tersebut hendaknya dihindari,” ujar Jay.

Monosodium Glutamat (MSG) yang terdapat pada makanan seperti pada sup, pizza, keripik, dan chinese food terbukti menjadi pemicu migren. Minuman-minuman seperti soda, minuman berenergi, minuman berkafein, dan yang mengandung pemanis buatan juga sebaiknya dihindari untuk mencegah sakit kepala sebelah.

5. Hindari alkohol.

Jay menyatakan alkohol yang mengandung congener biasanya menyebabkan migrain. Congener adalah produk sampingan dari fermentasi. Minuman keras seperti vodka juga sebaiknya dijauhi jika kita ingin terbebas dari migrain.

Artikel Menarik Lainnya:

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Astrid

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE