Berikut Cara Pencegahan Penyakit Campak
Ilustrasi/Ist
Health

Berikut Cara Pencegahan Penyakit Campak

Sabtu, 30 November 2019 15:20 WIB 30 November 2019, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit campak merupakan jenis penyakit menular yang dapat disebabkan oleh virus, melalui kontak langsung atau melalui udara. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak di usia 7-12 tahun.

Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti mata merah, radang tenggorokan, batuk kering, badan terasa lemas dan letih, serta demam tinggi.

Kemudian akan muncul tanda  bintik-bintik putih keabuan di mulut dan tenggorokan. Setelahnya akan muncul ruam berwarna merah kecokelatan yang diawali dari sekitar telinga, kepala, leher, dan menyebar ke seluruh tubuh. Umumnya ruam ini akan bertahan selama 5 hingga 6 hari.

Mengobati penyakit campak ini bisa dengan minum obat penurun demam dan pereda nyeri. Tapi pemberian obat harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Minum air putih yang banyak juga salah satu cara untuk mengobati penyakit campak.

Sebelum campak terjadi, penyakit ini dapat kamu cegah dengan memberikan vaksin MMR. Vaksin ini dapat melindungi anak-anak dari penyakit campak, gondok, dan rubella. Vaksin ini dapat anak terima pertama kali pada usia 12 bulan. Kemudian vaksin diberikan saat anak usia 4 dan 6 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU