The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Saat Sakit, Porsi 2 Nutrisi Ini Harus Ditambah agar Cepat Pulih
Ilustrasi nutris untuk tubuh. (Freepik).
Health

Saat Sakit, Porsi 2 Nutrisi Ini Harus Ditambah agar Cepat Pulih

Protein dan Karbohidrat.

Kamis, 07 Mei 2020 12:42 WIB 07 Mei 2020, 12:42 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang tentu ingin tubuhnya selalu sehat. Akan tetapi, pasti ada waktu-waktu tertentu daya tahan tubuh menurun sehingga seseorang dapat terserang penyakit. Bila sudah begitu, maka berbagai cara perlu dilakukan agar kondisi tubuh kembali pulih. Salah satunnya menjaga asupan nutrisi.

Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Ketika sakit, tubuh tetap memerlukan gizi yang cukup dan seimbang. Namun ada beberapa jenis nutrisi yang porsinya harus ditambah.

"Pada pasien infeksi tetap membutuhkan zat gizi yang cukup, salah satunya protein. Kebutuhan protein untuk pasien infeksi memang lebih tinggi daripada kebutuhan orang normal," ujar ahli gizi Triyani Kresnawan, DCN, M.Kes, RD dalam konferensi pers online 'Protein Sebagai Penambah Stamina', Kamis (7/5/2020) di Graha BNPB, Jakarta.

Ilustrasi makanan penuh protein.
Ilustrasi makanan penuh protein. (Pixabay/sasint).

Lebih lanjut dirinya menerangkan beberapa manfaat protein ketika sakit. Pertama, protein dapat meningkatkan atau mengoptimalkan daya tahan tubuh. Selain itu, protein dapat mengganti jaringan yang rusak. Protein juga menguatkan otot supaya tidak terjadi malnutrisi.

Apabila saat terinfeksi disertai demam, maka bukan hanya kebutuhan protein yang harus ditambah tapi juga karbohidrat. Triyani mengatakan, setiap kenaikan 1 derajat suhu tubuh di atas 37 derajat Celsius, maka membutuhkan tambahan 13 persen energi. Oleh karenanya, pada pasien infeksi biasanya diberikan diet yang tinggi energi dan tinggi protein.

"Misalnya yang biasa konsumsi ikan 50 gram menjadi 100 gram. Lalu sumber energi yakni karbohidrat seperti nasi porsinya juga ditambah menjadi lebih banyak," kata Triyani.

Dirinya menekankan, walaupun kebutuhan protein dan karbohidrat orang yang terinfeksi bertambah, nutrisi lain seperti lemak, vitamin, serta mineral tetap harus terpenuhi. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Bagi mereka yang sehat, juga harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang guna menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Desika Pemita
M Fadli
Maria Adeline Tiara Putri
JOIN US
JOIN US