The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Paling Efektif, Full Konsentrasi!
Ilustradi daya ingat (freepik.com)
Health

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Paling Efektif, Full Konsentrasi!

Pola hidup perlahan harus dirubah

Rabu, 16 November 2022 12:55 WIB 16 November 2022, 12:55 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu hal yang paling harus dijaga ketika beranjak dewasa adalah kesehatan, apalagi kesehatan kognitif yang sangat berhubungan dengan daya ingat. 

Daya ingat yang kuat bergantung kepada kesehatan dan vitalitas otak seseorang. Otak memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan berubah seiring berkembangnya umur. 

Kemampuan beradaptasi dan berubah tersebut membentuk kembali fungsi sebenarnya terkait pembelajaran dan memori, sehingga kamu harus meningkatkan daya ingat dengan cara-cara alami. 

Berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat paling efektif yang dapat kamu lakukan, seperti dilansir dari Gramedia.  

1. Latih otak 

melatih otak
Ilustrasi melatih otak (freepik.com)

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah dengan rutin melatih otak. 

Ketika beranjak dewasa, otak manusia mengembangkan jutaan jalur saraf yang berguna untuk memproses dan mengingat informasi dengan cepat, memecahkan masalah sehari-hari, hingga menjalankan segala tugas yang rutin dilakukan.

Untuk menjaga kemampuan otak tersebut agar terus berfungsi dengan baik, maka kamu harus terus menstimulasi otak agar terus berkembang dan tumbuh, sehingga semain baik dalam memproses dan mengingat informasi.

Baca Juga: Konsumsi Cranberry Secara Rutin Bantu Meningkatkan Daya Ingat, Cegah Demensia di Masa Tua

2. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

olahraga
Ilustrasi olahraga (freepik.com)

Rajin melakukan aktivitas fisik juga dapat menjadi cara meningkatkan daya ingat. Kamu bisa berolahraga secara rutin untuk membantu otak tetap tajam saat digunakan untuk berpikir. 

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya peningkatan oksigen ke otak yang dapat mengurangi risiko kehilangan ingatan, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

3. Tidur cukup 

tidur cukup
Ilustrasi tidur cukup (freepik.com)

Tidur cukup sangat dibutuhkan oleh orang dewasa. Hal ini membantu meningkatkan daya ingat. Setidaknya membutuhkan waktu tidur antara 7,5 hingga 9 jam setiap malam.

Jika kamu kurang tidur, maka beberapa masalah yang berhubungan dengan memori, kemampuan memecahkan masalah, hingga keterampilan akan menurun. 

4. Konsumsi suplemen minyak ikan 

suplemen minyak ikan
Ilustrasi suplemen minyak ikan (freepik.com)

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 icosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). 

Kandungan ini penting untuk kesehatan dan terbukti dapat menaikkan daya ingat, risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan, dan memperlambat penurunan mental.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Daya Ingatanmu

5. Penuhi asupan nutrisi 

 asupan nutrisi omega 3
Ilustrasi asupan nutrisi omega 3 (freepik.com)

Asupan bernutrisi untuk daya ingat yang seimbang dan baik, dapat meningkatkan fungsi otak agar lebih optimal. Makanan seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, membuat daya ingat otak lebih tergaja. 

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat paling efektif yang dapat kamu lakukan. Bila kamu lakukan ini secara rutin, maka pola hidup perlahan akan berubah menjadi lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US