The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Cokelat Sedunia, Kenali Sejumlah Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
Ilustrasi cokelat. (Freepik)
Health

Hari Cokelat Sedunia, Kenali Sejumlah Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Kamis, 07 Juli 2022 17:00 WIB 07 Juli 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Cokelat merupakan makanan manis yang sangat populer, hampir semua orang suka cokelat. Cokelat dapat diolah atau ditambahkan ke dalam sajian camilan lezat atau dibuat jadi minuman segar. Banyak cara untuk menikmati cokelat.

Cokelat sudah ada sejak dulu dan makanan ringan yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. Nah, tak heran jika cokelat memiliki peringatan khusus yang dirayakan setiap tahun.

Setiap tanggal 7 Juli diperingati sebagai Hari Cokelat Sedunia. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 2009 dan masih diperingati sampai sekarang.

Peringatan ini bertujuan untuk mengenal asal usul cokelat hingga menjadi camilan favorit banyak orang. Selain memiliki rasa yang sangat lezat, cokelat juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dilansir Medical News Today, sejumlah studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan:

1. Mencegah penyakit jantung

Penelitian yang dipublikasikan di The BMJ , menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Es Cokelat Legendaris, Ada Sejak 1962 Tak Kalah dengan Minuman Kekinian

Penulis menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi cokelat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah.

2. Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin

Makan sekitar satu ons cokelat setiap hari selama kehamilan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Kehamilan 2016 dari Masyarakat untuk Pengobatan Maternal-Fetal di Atlanta, GA.

3. Menjaga fungsi kognitif

Para ilmuwan di Harvard Medical School telah menyarankan bahwa minum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan memori pada orang tua.

Para peneliti menemukan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang membutuhkannya.

4. Stroke

Ilmuwan Kanada, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 44.489 orang, menemukan bahwa orang yang makan satu porsi cokelat 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke.

Selain itu, mereka yang mengonsumsi sekitar dua ons cokelat seminggu memiliki kemungkinan 46 persen lebih kecil untuk meninggal karena stroke.

5. Kolesterol

Satu studi, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition , menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat membantu mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL), kadar kolesterol yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Fitri
M Fadli

M Fadli

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US