The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terdeteksi di 5 Negara, Ini Fakta Menarik Subvarian Omicron Baru BA.2.75
Ilustrasi varian Omicron. (Freepik)
Health

Terdeteksi di 5 Negara, Ini Fakta Menarik Subvarian Omicron Baru BA.2.75

Menyebar di 10 wilayah India.

Selasa, 05 Juli 2022 13:20 WIB 05 Juli 2022, 13:20 WIB

INDOZONE.ID - Subvarian Omicron baru BA.2.75 telah beredar luas di India, terbaru Omicron BA.2.75 telah menyebar ke 10 wilayah di India, termasuk  New Delhi.

Pada Selasa (5/7/2022), subvarian omicron BA.2.75 dilaporkan telah ditemukan di Selandia Baru, berdasarkan keterangan dari Kementerian Kesehatan negara tersebut.

Dilansir nzherald, pernyataan terbaru Kementerian Kesehatan Selandia Baru mengatakan pengurutan genom pada hari Jumat mengkonfirmasi dua kasus BA.2.75 pada orang yang baru saja melakukan perjalanan dari India.

"BA.2.75 adalah subvarian generasi kedua yang baru-baru ini diidentifikasi dari BA.2, varian dominan yang beredar di Selandia Baru pada tahap ini," kata kementerian Selandia Baru.

Varian baru ini menurut para ahli menjadi varian yang harus diperhatikan, meski belum dapat dipastikan varian ini akan mendominasi.

Baca juga: Belum Usai Omicron BA.4 dan BA.5, Muncul Lagi Varian Baru BA.2.75, Ini Kata Ahli

Nah, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai subvarian Omicron BA.2.75.

Seberapa menular?

Bukti awal dari luar negeri menunjukkan bahwa subvarian 2.75 baru memiliki beberapa karakteristik yang dapat meningkatkan kemampuannya untuk menghindari kekebalan yang serupa dengan subvarian BA.4 dan BA.5, dan BA.2.75 mungkin lebih menular daripada BA.2.

Bloom Lab yang berbasis di Seattle yang mempelajari evolusi molekuler protein dan virus mengatakan dalam sebuah tweet bahwa BA.2.75 layak dilacak, karena memiliki perubahan antigenik yang cukup besar dibandingkan dengan varian induknya BA.2.

Shahid Jameel, peneliti senior di Green Templeton College di Universitas Oxford, mengatakan kepada Business Standard bahwa dia yakin G446S adalah salah satu kemungkinan tempat pelarian dari antibodi yang dibuat oleh vaksin saat ini yang masih menetralkan BA.2. Ini akan meningkatkan kemungkinan infeksi pada orang yang sejauh ini terlindungi dari Omicron.

Ahli mikrobiologi India Dr Rajesh Karyakarte mengatakan kepada Indian Express bahwa BA.2.75 memiliki keunggulan pertumbuhan yang berbeda dibandingkan BA.4 atau BA.5.

Penyebaran BA.2.75

Pada Senin (4/7/2022) Times of India melaporkan bahwa BA.2.75 telah terdeteksi di sekitar 10 wilayah di India.

Namun, Kementerian Kesehatan India dan organisasi pengawasan genom, Konsorsium Genomics SARS-CoV-2 India, belum secara resmi mengkonfirmasi deteksi subvarian baru tersebut.

Di luar India, kasus BA.2.75 kini telah terdeteksi di Selandia Baru, Australia, Kanada, dan Jerman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US