The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ortu Jangan Cuek, Ahli Sebut Kesehatan Mental Menentukan Masa Depan
Ilustrasi remaja dan seorang pria. (Pexels/cottonbro)
Health

Ortu Jangan Cuek, Ahli Sebut Kesehatan Mental Menentukan Masa Depan

Sabtu, 20 Agustus 2022 13:08 WIB 20 Agustus 2022, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Kesehatan mental adalah fondasi agar anak bisa beradaptasi di masa yang akan datang. Karena itu, menurut dokter spesialis anak, dr Margareta Komalasari, Sp.A orangtua harus memperhatikan kondisi mental anak.

Jika orangtua abai, bisa berisiko memperburuk kondisi mental ketika remaja hingga dewasa. Margareta menambahkan, penting untuk memperhatikan kondisi mental anak.

"Kesehatan mental anak adalah suatu cara bagaimana anak berpikir dirinya sendiri dan bagaimana dia dengan sekelilingnya. Kesehatan mental anak sangat penting karena ini merupakan proses dia beradaptasi dengan lingkungannya dan mempengaruhi kesehatan mentalnya ketika dewasa nanti," kata Margareta, dikutip dari siaran resmi Kalbe Farma pada Jumat (19/8/2022).

Menurut Margareta, saat ini banyak isu orang stres dan bipolar. Penyakit tersebut ditakutkan akan meningkat jika orang tua tidak memperhatikan kesehatan mental anak.

Baca juga: Idap Bipolar? 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Jadikan Vibes Anda Lebih Positif

Oleh karena itu, orang tua harus menyadari perubahan tindakan maupun emosi anak, misalnya ketika melihat anak yang lincah tiba-tiba murung atau tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

Mendeteksi kesehatan mental anak sudah bisa dilakukan sejak usia sekolah. Sebab, di umur segitu anak sudah terpapar stres.

Namun, perlu diketahui bahwa menjaga kesehatan mental bisa dilakukan sejak anak masih usia dini. Misalnya saat menyusui, ibu juga mengajak berkomunikasi, memberikan perhatian penuh kepada sang anak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US