The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Pintu Masuk Indonesia dari Luar Negeri Harus Diperketat
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Freepik/marinademidiuk).
Health

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Pintu Masuk Indonesia dari Luar Negeri Harus Diperketat

Meski belum ditemukan.

Jumat, 29 Juli 2022 15:02 WIB 29 Juli 2022, 15:02 WIB

INDOZONE.ID - World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Pimpinan MPR RI pun mendesak pemerintah agar dapat segera menyiapkan langkah mencegah penyebaran virus cacar monyet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan, dalam menangani cacar monyet ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan/Kemenkes berkoordinasi dengan WHO, untuk dapat mensinyalir dan memetakan penyebaran kasus-kasus cacar monyet di dunia.

“Guna dilakukan langkah antisipasi perluasan penyebaran cacar monyet sampai ke Indonesia,” ujar Bamsoet dikutip Jumat (29/7/2022).

Guna mencegah penyebaran virus cacar monyet, Bamsoet turut mendesak agar akses masuk ke Indonesia dari luar negeri kembali diperketat. Utamanya dari negara-negara yang telah terjangkiti kasus cacar monyet.

“Dan melakukan pemeriksaan kesehatan yang ketat dan sesuai, di pintu masuk Indonesia yang menjadi akses masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri ke Indonesia, baik melalui pelabuhan dan bandara,” tutur Bamsoet.

Lebih lanjut Bamsoet mengingatkan dalam hal ini Kemenkes bersama WHO, mempercepat peluncuran vaksinasi dan pengobatan untuk menanggulangi penyebaran virus cacar monyet.

“Menegaskan bahwa peningkatan upaya untuk mengatasi cacar monyet sangat diperlukan, dan meminta pemerintah Indonesia lebih waspada terhadap penyebaran kasus cacar monyet,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
M Fadli
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US