The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kebiasaan Makan dengan Cara Ini Bisa Lindungi Tubuh dari Penyakit di Masa New Normal
Ilustrasi memakan makanan sehat. (Pexels/Destiawan Nur Agustra)
Health

Kebiasaan Makan dengan Cara Ini Bisa Lindungi Tubuh dari Penyakit di Masa New Normal

Simak ya.

Rabu, 17 Juni 2020 20:33 WIB 17 Juni 2020, 20:33 WIB

INDOZONE.ID - Walaupun sudah mulai beraktivitas kembali sejak beberapa hari lalu, masyarakat masih terus beradaptasi dengan kebiasaan baru karena adanya pandemi Covid-19. Kebiasaan bukan sekadar menerapkan protokol kesehatan, tetapi juga menyangkut pola makan sehari-hari.

Sebelum adanya pandemi Covid-19 memang kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang mengalami peningkatan. Tapi jumlahnya semakin bertambah banyak karena adanya penyakit tersebut.

Seperti yang diketahui, salah satu cara menjaga kekebalan tubuh adalah memastikan asupan nutrisi harian terpenuhi.

Menurut Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology Center (SEAFAST) Prof. Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.si, Kementerian Kesehatan RI sebenarnya telah menerbitkan pedoman untuk kebiasaan makan sehat lewat Isi Piringku. Pedoman tersebut mengimbau masyarakat agar konsumsi pangan beragam yang mengandung gizi seimbang.

"Hal ini harus dilakukan menjadi kebiasaan baru. Selain itu batasi konsumsi GGL (garam, gula, dan lemak) serta rencanakan waktu tepat untuk makan camilan," kata Nuri.

Dirinya menambahkan, selama pandemi Covid-19 secara psikologi masyarakat banyak yang stres. Akibatnya konsumsi pangan menjadi tidak teratur dan berlebih karena dianggap sebagai cara untuk mengurangi stres. Oleh karenanya, kebiasaan baru untuk mengonsumsi makanan sehat yang bergizi perlu dilakukan.

"Konsumsi pangan sebagai sumber zat gizi adalah penunjang kekebalan tubuh. Ini usaha preventif supaya badan siap apabila terjadi infeksi karena virus, bakteri, atau mikroba lain sehingga siap untuk menangkal," pungkas Nuri.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US