The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Diabetes
Ilustrasi Anggur Hitam. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Health

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Diabetes

Sabtu, 23 Januari 2021 13:21 WIB 23 Januari 2021, 13:21 WIB

INDOZONE.ID - Siapa yang tidak mengetahui anggur? Buah anggur adalah satu dari sekian banyak jenis buah yang mudah ditemui. Buah ini memiliki beberapa varian yang berbeda, salah satunya jenis anggur hitam. Anggur jenis ini tidak kalah bermanfaat dibanding jenis anggur lainnya.

Dilansir dari Klikdokter, anggur hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Anggur merupakan salah satu jenis buah yang mampu mencegah kanker.

Baca Juga: Tambahkan Minyak Biji Anggur ke Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Dapatkan Manfaatnya

Namun, banyak lagi manfaat kesehatan yang dimiliki anggur hitam. Berikut manfaat lain anggur hitam :

1. Cegah Radikal Bebas

Melansir dari Klikdokter, kandungan antioksidan di dalam buah anggur hitam lebih banyak dibandingkan buah anggur merah dan anggur hijau. Maka tidak heran, jika buah anggur hitam sangat baik dalam mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

2. Turunkan Risiko Kanker

Selanjutnya, manfaat anggur hitam mampu menurunkan risiko kanker. Hal ini tidak lain karena anggur hitam memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan resveratrol. Zat resveratrol dalam anggur hitam tersebut, ternyata sangat efektif dalam mencegah penyebaran sel kanker.

3. Menyehatkan Mata

Selain itu, manfaat anggur hitam juga mampu menyehatkan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan golongan karotenoid, di mana memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata. Apabila dikonsumsi secara rutin dengan porsi tepat, manfaat anggur hitam mampu mencegah kerusakan oksidatif serta mencegah kebutaan.

4. Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat anggur hitam ini masih berasal dari resveratrol yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut ternyata juga memiliki peran penting dalam mencegah dan menurunkan risiko diabetes. Pasalnya, kandungan resveratrol dipercaya sangat ampuh dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Kandungan tersebut akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur glukosa dan akan menurunkan kadar gula darah. Resveratrol juga akan meningkatkan jumlah reseptor glukosa membran sel serta berkhasiat dalam membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

TAG
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US