The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dear Parents, Ketahui Cara Mencegah Stunting Pada Anak Melalui Lagu "Isi Piringku"
Ilustrasi anak sedang makan. (Freepik)
Health

Dear Parents, Ketahui Cara Mencegah Stunting Pada Anak Melalui Lagu "Isi Piringku"

Penuhi nutrisi seimbang.

Jumat, 28 Agustus 2020 17:25 WIB 28 Agustus 2020, 17:25 WIB

INDOZONE.ID - Masalah pemenuhan gizi pada anak sampai sekarang masih terjadi di Indonesia. Padahal permasalahan gizi ini bisa mengakibatkan berbagai dampak buruk, salah satunya stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak, akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Kondisi ini sangat berbahaya untuk masa depan anak.

Data menunjukkan memang ada penurunan masalah stunting di Indonesia, yaitu di tahun 2019 sekitar 27,7%. Setiap tahunnya kondisi stunting mengalami penurunan. 

stunting
Ilustrasi stunting. (Freepik)

"Stunting adalah salah satu permasalahan yang bisa terjadi akibat tidak terpenuhinya gizi. Namun di Indonesia sendiri, masalah stunting sudah berkurang," kata Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, dalam peluncuran lagu "Isi Piringku Danone", Jumat (28/8/2020).

Siklus stunting itu tidak bisa terputus, karena ada faktor genetik yang diturunkan. Oleh karena itu, harus dicegah dan diputus mata rantainya.

"Stunting itu ada faktor genetik yang diturunkan, tapi sangat sedikit. Lebih ke faktor lingkungan yang mempengaruhi. Pengaruh lingkungan sangat menentukan apakah anak ini bisa mengalami stunting atau tidak" jelas ahli gizi, Prof. Dr. Ir Sri Anna Marliyati.

Lalu, bagaimana cara mencegah stunting? Pengaruh lingkungan seperti asupan makanan perlu diperhatikan. Untuk orang tua, pilihlah asupan makanan yang kaya nilai gizi agar anak selalu sehat dan terhindar dari bahaya stunting.

isi piringku danone
Tangkapan layar Webinar Peluncuran Lagu "Isi Piringku Danone", Jumat (28/8/2020). (INDOZONE/Mauliyana Puspa A)

Selain itu, perlu juga meningkatkan edukasi mengenai gizi dan nutrisi yang seimbang pada anak. Perlu peran dari orangtua untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi anak agar bisa tumbuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Lagu "Isi Piringku Danone" diciptakan sebagai upaya penguatan bersama untuk bisa meningkatkan edukasi gizi seimbang untuk anak di era adaptasi baru. Menurut penelitian, lagu bisa menjadi alat bantu edukasi yang efektif untuk anak. 

"Ketika sebuah kegiatan sangat menyenangkan, maka itu bisa menjadi stimulasi efektif untuk anak. Proses otak akan lebih berjalan lancar," jelas Anna Surti Nina, Psikolog Anak.

Lagu ini diciptakan dalam bentuk gerak yang menarik dengan lirik edukatif berupa ajakan untuk anak agar dapat mengetahui makanan-makanan bergizi yang harus dikonsumsi. Lagu dan gerak dalam bentuk video diharapkan bisa cepat terserap oleh anak.

"Bukan hanya sekadar lagu, tapi diharapkan untuk guru dan orangtua juga turut menjelaskan dan memberikan informasi untuk anak supaya bisa lebih dimengerti apa itu artinya isi piringku," pungkas Dra. RR. Lestari K. Wardhani, Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Kemendikbud RI. 

Nah, berikut ini lagu "Isi Piringku Danone" yang bisa dinyanyikan dan diikuti gerakannya bersama-sama. Yuk nyanyikan bersama dan ikuti gerakannya bersama buah hati.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US