The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bakteri Neisseria Gonorrhoeae Penyebab Pilek pada Kelamin Bisa Mati Terkena Air Panas
Ilustrasi alat kelamin pria (Unsplash/Dainis Graveris)
Health

Bakteri Neisseria Gonorrhoeae Penyebab Pilek pada Kelamin Bisa Mati Terkena Air Panas

Kamis, 06 Agustus 2020 12:01 WIB 06 Agustus 2020, 12:01 WIB

INDOZONE.ID - Dalam virtual media briefing dokter spesialis kulit dan kelamin Anthony Handoko mengatakan bahwa bakteri neisseria gonorrhoeae penyebab pilek pada alat kelamin luar atau Gonore (GO) bisa mati saat terkena suhu 39 derajat Celcius.

Tak hanya itu saja, bakteri yang biasanya berpasangan ini juga tidak tahan dengan udara bebas dan kering.

Tapi saat seseorang tidak sengaja tangannya terkena nanah akibat bakteri penyebab GO kemudian melakukan hubungan seks dengan pasangannya, maka berisiko menularkan bakteri tersebut pada pasangan.

Neisseria Gonorrhoeae bisa merusak selaput lendir, saluran kemih, tenggorokan (melakukan kontak seksual oral), saluran reproduksi hingga saluran dubur. Bakteri ini memiliki masa inkubasi singkat yakni 2-5 hari.

Penularan GO dari orang ke orang saat melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi atau melakukan kontak dengan cairan tubuh mereka, baik secara vaginal maupun anal.

"Kontak itu tidak selalu harus penetrasi, saat Anda melakukan kontak seksual misalnya menempel (antar organ intim) tidak ada penetrasi penis ke vagina, saat penis keluarkan nanah, bisa (menularkan bakteri ke pasangan)," kata Anthony.

Perlu untuk diketahui bahwa gejala GO hanya terjadi pada laki-laki, ini karena laki-laki punya saluran kemih lebih panjang dari kandung kemih sampai penis. Sementara wanita saluran kemih sangat pendek sehingga gejalanya tidak terlihat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US