The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Budi Gunadi Jadi Menkes Pertama yang Bukan Dokter, Mampukah Dia Emban Amanah Jokowi?
Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan baru (Laily Rachev/Courtesy of Indonesian Presidential Palace/Handout via REUTERS)
Health

Budi Gunadi Jadi Menkes Pertama yang Bukan Dokter, Mampukah Dia Emban Amanah Jokowi?

Rabu, 23 Desember 2020 10:48 WIB 23 Desember 2020, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo resmi mendepak Terawan Agus Putranto dari jabatan sebagai Menteri Kesehatan, dan menggantinya dengan Budi Gunadi Sadikin.

Namun, penunjukan ini mengundang pesimisme sejumlah pihak, karena latar belakang Budi. Dia tidak memiliki latar belakang kesehatan, melainkan kemampuan manajerial.

Budi Gunadi Sadikin bahkan merupakan Menteri Kesehatan pertama yang bukan dokter dalam sejarah modern politik Indonesia.

Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Fisika Nuklir dari ITB. Tentu latar belakang pendidikan ini sangat jauh dari dunia kesehatan.

Budi Gunadi juga lebih sering duduk mengatur manajemen perusahaan atau institusi. Dia pernah menjabat sebagai Dirut PT Inalum, GM Regional Jakarta Bank Bali, hingga Dirut PT Bank Mandiri.

Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Baca juga: Jokowi Tunjuk Menkes Baru, Iuran BPJS Kesehatan Naik di 2021, Segini Bayarannya

Meski begitu, pakar menilai jabatan Menteri Kesehatan tidak harus seorang dokter, karena memang tugasnya bersifat manajerial.

"Budi layak jadi menkes yang baru. Menkes tidak perlu dokter untuk mereformasi manajemen dan sistem kesehatan publik yang llumpuh," ujar Pandu Riono, Epidemiolog UI, dilansir dari VOA Indonesia.

Ada pula netizen yang tidak mempermasalahkan hal ini, yang penting Menkes baru tidak melakukan tipu-tipu bisnis vaksin dan tidak membuat negara rugi.

Yang terpenting tentu saja tidak menerima suap dan melakukan korupsi. Bagaimana menurutmu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US