Anak Alami Sleep Apnea Obstruktif Bisa Memicu Masalah Perilaku pada Anak
Ilustrasi gangguan tidur (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Anak Alami Sleep Apnea Obstruktif Bisa Memicu Masalah Perilaku pada Anak

Sabtu, 23 Mei 2020 13:01 WIB 23 Mei 2020, 13:01 WIB

INDOZONE.ID - Sleep apnea obstruktif merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan tidur mendengkur, gelisah saat tidur bahkan bangun dengan tubuh tidak segar.

Kondisi ini tidak bisa disepelekan, karena 1-4 persen anak mengalami gangguan ini seperti yang disampaikan American Sleep Apnea Association.

Seperti yang dilansir dari Parents sleep apnea yang tidak segera diatasi menyebabkan masalah perkembangan dan perilaku pada anak. Bahkan peningkatan mimpi buruk dan mengigau pada anak saat malam hari.

Kondisi ini terjadi karena adanya amandel besar dan kelenjar gondok yang membengkak, sehingga keduanya menyebabkan penyumbatan di tenggorokan atau hidung.

Selain itu, faktor fisik seperti obesitas riwayat keluarga, berat lahir rendah, kelainan wajah atau tengkorak, dan kondisi seperti sindrom down, penyakit sel sabit, dan cerebral palsy juga menjadi penyebab sleep apnea obstruktif.

Gejalanya dapat ditandai dengan mendengkur, napas yang berisik, jeda bernapas saat tidur, mengompol, hingga terjaga dalam jangka pendek.

Jika kondisi ini tidak diobati maka dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan serangan jantung di masa depan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US