The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Video Salat sambil Handstand, Dokter Ungkap Risikonya
Aksi freestyle saat salat tarawih. (Facebook/Siti Wulan Dari)
Health

Viral Video Salat sambil Handstand, Dokter Ungkap Risikonya

Cedera serius.

Jumat, 23 April 2021 13:08 WIB 23 April 2021, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini viral video yang memperlihatkan aksi nyeleneh saat melakukan salat. Ada anak laki-laki yang melakukan freestyle saat salat dengan handstand atau berdiri dengan kedua tangan sebagai penopang tubuh.

Pada video lain, terlihat dua wanita melakukan hal yang sama. Bukannya melakukan gerakan sujud seperti jamaah lainnya, kedua wanita itu malah memamerkan aksi handstand. Bahkan, aksi handstand ini dilakukan dengan cukup lama.

Usut punya usut, aksi ini disebut-sebut sebagai salah satu gerakan dalam game online Free Fire.

Video tersebut pun mendapat hujatan dari netizen yang menilai aksi kedua wanita tersebut sebagai aksi menodai agama. Jika dibiarkan, video-video seperti ini bisa dicontoh oleh anak-anak.



Selain tidak patut dicontoh, aksi freestyle saat salat bisa menimbulkan cedera yang serius. Apalagi jika dilakukan oleh anak-anak.

"Tidak sesuai ajaran agama Islam. Dan berisiko cedera otot sampai cedera patah tulang apabila dilakukan oleh orang yang tidak terlatih," kata Dokter Spesialis Anak, dr. Andreas, M.Ked(Ped), S.pA saat dihubungi Indozone, Jumat (23/4/2021).

BACA JUGA: Punya Efek Negatif, Tidak Dianjurkan Minum Teh saat Sahur

Selain itu, pada anak-anak, fase pertumbuhan masih berlangsung, sehingga aksi tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada tulang.

"Pada masa kanak-kanak masih fase pertumbuhan sehingga jika terjadi salah posisi dan cedera akan membuat gangguan," lanjut dokter yang berpraktek di BIC Clinic Bunda Paific Place dan BIC Vida Bekasi.

Gerakan salat sendiri disebut para ahli memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari membantu melancarkan peredaran darah hingga menghilangkan nyeri. Tetapi kalau gerakannya dibuat main-main, justru dapat membahayakan tulang, lho.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US