Obat yang Dikonsumsi Lucinta Luna untuk Atasi Depresi
Kiri: Lucinta Luna (Instagram/lucintaluna), kanan: Ilustrasi obat (Unsplash.com/@sharonmccutcheon)
Health

Obat yang Dikonsumsi Lucinta Luna untuk Atasi Depresi

Ini fungsinya.

Kamis, 13 Februari 2020 15:42 WIB 13 Februari 2020, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Penggunaan obat penenang di kalangan selebriti bukan hal yang aneh lagi. Baru-baru ini, Lucinta Luna terciduk mengonsumsi obat penenang Tramadol dan Riklona yang masuk dalam golongan psikotropika.

Obat penenang seharusnya dikonsumsi di bawah pengawasan dokter, artinya obat tersebut harus diperoleh dengan resep. Sebab, jika disalahgunakan bisa menimbulkan ketergantungan hingga halusinasi.

Psikolog Tiara Puspita mengungkapkan efek penggunaan obat ini dalam dunia psikologi.

"Mood juga dapat terganggu seperti gejala kecemasan, mudah marah atau tersinggung, dan gelisah. Efek lain juga di antaranya gangguan tidur dan rasa kelelahan yang berkepanjangan," ujar Tiara saat dihubungi Indozone melalui pesan singkat, Kamis (13/2/2020).

Obat yang Dikonsumsi Lucinta Luna untuk Atasi Depresi
Lucinta Luna. (Instagram/lucintaluna)

Obat penenang seperti Tramadol, lanjut Tiara, bisa mengubah otak dalam mendeteksi sakit, sehingga mengurangi rasa sakit. Sedangkan Riklona yang masuk golongan Benzodiazepine memberikan efek supaya lebih tenang dan mudah tidur.

"Oleh dokter atau psikiater biasanya diberikan untuk mengatasi depresi atau kecemasan dan digabung dengan obat lain," katanya.

Namun terkadang penggunaannya tidak dikontrol, sehingga menimbulkan ketergantungan pada pemakainya.

"Karena penggunaan yang tidak dikontrol, efeknya bisa menyebabkan ketergantungan bahkan overdosis. Oleh karena itu pemakaiannya harus dengan resep dokter," pungkas Tiara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US