The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Meminum Alkohol Saat Proses Vaksinasi, Kalau Kamu Tidak Mau Begini!
Ilustrasi meminum Alkohol. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Health

Jangan Meminum Alkohol Saat Proses Vaksinasi, Kalau Kamu Tidak Mau Begini!

Kamis, 14 Januari 2021 09:41 WIB 14 Januari 2021, 09:41 WIB

INDOZONE.ID - Periode Vaksinasi di Indonesia sudah dilakukan pada Rabu (13/01/2021), dimana Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Namun, selama proses vaksinasi terdapat beberapa hal yang dilarang.

Sejumlah negara melarang meminum alkohol sebelum dan setelah disuntik vaksin Covid-19. Pasalnya, dikhawatirkan alkohol memiliki efek samping terhadap vaksin Covid-19.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Disebut Bisa Bikin Mandul dan Gagal Punya Anak, Ini Kata Dokter

Hal ini seperti yang dilaporkan Reuters, bahwa pejabat kesehatan di Rusia meminta warganya untuk tidak minum alkohol selama dua minggu sebelum divaksin hingga enam minggu setelah mendapatkan vaksin.

Namun, setelah itu Alexander Gintsburg mengklarifikasi bahwa penerima vaksin tidak boleh minum alkohol selama tiga hari sebelum hingga tiga hari setelah divaksinasi, apapun jenis vaksinnya.

Hal ini selaras dengan alkohol yang dapat memberikan dampak untuk mempengaruhi tubuh. Dikutip dari Eat This, alkohol dikhawatirkan dapat mempengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan vaksin. Sebuah studi juga menemukan konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang.

Selain itu, konsumsi alkohol dapat meningkatkan peradangan hanya dalam beberapa jam dan menghambat kemampuan tubuh mengatur sistem kekebalan dan secara efektif melawan infeksi hingga beberapa hari sesudahnya. Alkohol juga membuat tubuh lebih mudah stres.

Terlalu banyak minum alkohol juga dapat menyebabkan masalah jantung, liver, dan ginjal.

Ferry Andika
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US