The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Yakin Cara Kamu Pakai Hand Sanitizer Sudah Benar?
Memakai hand sanitizer (Womans World)
Health

Yakin Cara Kamu Pakai Hand Sanitizer Sudah Benar?

Begini caranya.

Senin, 22 Juni 2020 13:21 WIB 22 Juni 2020, 13:21 WIB

INDOZONE.ID - Selain cuci tangan, penggunaan hand sanitizer dianggap jadi cara alternatif dalam mencegah penularan virus corona. Tapi apakah caramu menggunakan hand sanitizer sudah benar?

Sebagaimana dikutip Medical Daily, Senin (22/6/2020), hand sanitizer akan lebih efektif dalam membunuh kuman dan bakteri lainnya jika kamu mengeluarkan gelnya ke salah satu tangan, kemudian pastikan menggosoknya ke seluruh jari dan tangan sampai kering. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa, penggunaan cairan pembersih tangan setidaknya dilakukan 30 detik. Cara tersebut dinilai ampuh dalam membunuh virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. 

Namun, penelitian ini hanya menggunakan formulasi hand sanitizer yang mengandung 80 persen etanol atau 75 persen alkohol isopropil dan telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hand Sanitizer)
Ilustrasi pakai hand sanitizer (Cancer Treatment)

Dengan demikian, penelitian ini menemukan dalam 30 detik penggunaan sanitizer, virus ditemukan tidak aktif secara efisien.

lebih lanjut, jika tangan terasa kotor atau berminyak, usahakan cari air mengalir untuk membersihkan tangan dahulu sebelum memakai hand sanitizer. 

Perlu diketahui, sebaiknya hand sanitizer hanya digunakan ketika kamu sulit mencari air bersih dan sabun. Sebab cairan hand sanitizer tidak bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya yang menempel di tangan seperti pestisida dan lain sebagainya. 

CDC juga melaporkan kalau berbagai jenis bahan kimia tersebut bisa luruh sempurna jika cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, bukan dengan hand sanitizer.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Dinno Baskoro
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US