The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Makanan Berwarna Hitam yang Kaya Manfaat Kesehatan
Beras hitam (Pixabay/Cecep Risnandar)
Health

3 Makanan Berwarna Hitam yang Kaya Manfaat Kesehatan

Minggu, 29 November 2020 16:56 WIB 29 November 2020, 16:56 WIB

INDOZONE.ID - Makanan berwarna hitam memiliki manfaat tersendiri yang mirip dengan makanan berwarna hijau atau merah. Mereka dikonsumsi secara luas di seluruh dunia karena manfaatnya yang meningkatkan kesehatan.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa makanan berwarna hitam yang memiliki manfaat luar biasa.

Apa saja ya?

1. Beras hitam

Beras hitam memiliki efek antioksidan terhadap banyak gangguan stres oksidatif seperti peradangan, Alzheimer dan aterosklerosis. Antioksidan antosianin berperan besar dalam memberikan manfaat. Sebuah penelitian telah menunjukkan efek pelindung saraf dari biji-bijian penting ini terhadap iskemia serebral.

beras hitam
Beras hitam (Pixabay/Cecep Risnandar)

2. Zaitun hitam

Buah zaitun dipanen setelah matang sempurna, secara alami buah ini menjadi hitam karena penumpukan antosianin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa total senyawa fenolik pada buah zaitun hitam berlipat ganda dibandingkan dengan buah zaitun hijau karena pematangan sebelumnya meningkatkan konsentrasi senyawa dalam buah. Buah zaitun ini dapat melawan penyakit seperti kanker, gangguan jantung dan penyakit inflamasi.

Zaitun hitam
Zaitun hitam (Pixabay/diapicard)

3. Anggur Hitam

Anggur hitam mengandung antioksidan tinggi dibandingkan dengan anggur merah atau hijau. selain itu juga kaya lavonoid dan polifenol yang membuatnya lebih manis. Anggur hitam jauh lebih bergizi dibanding dengan jenis anggur lainnya.

Anggur hitam
Anggur hitam (Pixabay/Fibracreativa)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US