The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Tanpa Bekas
Ilustrasi jerawat di punggung (illuminateskinclinic.co.uk)
Health

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Tanpa Bekas

Senin, 25 Oktober 2021 17:34 WIB 25 Oktober 2021, 17:34 WIB

INDOZONE.ID - Jerawat di punggung menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh keringat, hormon, stres, atau faktor genetik.

Selain membuat tidak nyaman karena menimbulkan gatal dan perih, jerawat di punggung juga bisa mengurangi kepercayaan diri jika sedang mengenakan pakaian yang terbuka di bagian punggung.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, obat tertentu, dan menerapkan kebiasaan yang sehat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Sama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat di punggung juga bisa dihilangkan menggunakan bahan-bahan alami hingga obat-obatan medis yang terbukti ampuh.

Kalau kamu belum tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung, berikut Indozone bagikan cara menghilangkan jerawat di punggung tanpa bekas yang bisa langsung kamu coba.

1. Pakai obat jerawat

cara menghilangkan jerawat punggung
Ilustrasi obat jerawat (photo/pixabay/AdoreBeautyNZ)

Cara menghilangkan jerawat yang ada di punggung dengan cepat adalah dengan memakai obat jerawat. Kamu bisa pilih obat jerawat dengan kandungan benzoil peroksida, retinoid, asam alfa hidroksi, dan antibiotik.

Setelah menggunakan obat jerawat, tunggu beberapa saat sebelum mengenakan pakaian agar obat jerawat bisa meresap. Obat jerawat bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek terdekat.

2. Oleskan lidah buaya

cara menghilangkan jerawat di punggung

Ilustrasi lidah buaya (photo/pixabay/casellesingold)

Mengoleskan lidah buaya termasuk salah satu cara untuk menghilangkan jerawat di punggung dengan mudah. Hal ini karena lidah buaya dapat mengurangi peradangan berkat kandungan antioksidan-nya.

Cukup oleskan gel lidah buaya pada punggung yang berjerawat. Diamkan beberapa saat hingga mengering. Kamu bisa gunakan tanaman lidah buaya atau produk lidah buaya yang ada di pasaran.

3. Lumuri madu

cara menghilangkan jerawat di punggung

Ilustrasi madu (photo/pixabay/stevepb)

Melumuri madu juga menjadi cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami yang bisa kamu coba. Madu memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi iritasi kulit akibat jerawat.

Cara menggunakannya juga gampang. Oleskan madu pada jerawat di punggung. Biarkan sampai mengering lalu bilas sampai bersih. Ulangi pengolesan madu sesuai kebutuhan kamu.

4. Oleskan lemon

cara menghilangkan jerawat di punggung

Ilustrasi lemon (photo/pixabay/MiraCosic)

Cara menghilangkan jerawat di punggung juga dapat kamu lakukan dengan mengoleskan lemon. Kandungan asam askorbat pada lemon, mampu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Penggunaanya pun sangat mudah dan praktis. Kamu bisa ambil air perasan lemon dan oleskan pada jerawat di punggung. Tunggu 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Hindari pakaian ketat

cara menghilangkan jerawat punggung
Ilustrasi pakaian ketak (photo/pixabay/Free-Photos)

Pakaian ketat akan membuat keringat sulit mengering dan justru menyumbat pori-pori. Kondisi ini tentu menyebabkan area kulit menjadi lembap sehingga bakteri penyebab jerawat berkembang biak dengan cepat.

Pakaian ketat juga akan memperparah jerawat yang di punggung kamu. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian yang longgar agar kulit kamu bisa 'bernapas'.

6. Gunakan sabun mandi khusus jerawat

cara menghilangkan jerawat di punggung

Ilustrasi sabun mandi khusus jerawat (photo/pixabay/congerdesign)

Cara menghilangkan jerawat punggung menggunakan sabun mandi khusus jerawat juga wajib kamu coba. Pilihlah sabun mandi yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Sabun mandi khusus jerawat dapat mengontrol produksi minyak berlebih untuk mencegah pertumbuhan jerawat di punggung sekaligus membersihkan bakteri penyebab jerawat secara menyeluruh.

7. Bersihkan badan dengan scrub

cara menghilangkan jerawat di punggung

Ilustrasi scrub jerawat punggung (photo/pixabay/Monfocus)

Membersihkan badan dengan scrub juga opsi terbaik untuk menghilangkan jerawat di punggung. Seperti yang telah diketahui, penyebab munculnya jerawat di punggung adalah karena pori-pori yang tersumbat.

Dengan menggunakan scrub, maka pori-pori kulit akan terbuka sehingga kotoran lebih mudah untuk dibersihkan. Scrub juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit.

8. Ganti pakaian jika basah

cara menghilangkan bekas jerawat di punggung
Ilustrasi pakaian basah (photo/pixabay/Engin_Akyurt)

Jerawat di punggung bisa diatasi dengan rutin mengganti pakaian yang basah atau lembap. Pasalnya, pakaian yang basah atau lembap dapat menjadi sumber bakteri dan menimbulkan peradangan di punggung.

Kamu bisa mengganti pakaian saat berkeringat atau terkena hujan. Gunakan pula pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun.

9. Jangan biarkan rambut tergerai

cara menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya
Ilustrasi rambut tergerai (photo/pixabay/xusenru)

Rambut yang tergerai berpotensi menimbulkan jerawat di punggung. Hal ini karena rambut kamu yang tergerai mungkin terdapat debu dan polusi yang bisa membuat jerawat di punggung muncul.

Maka dari itu, jika kamu memiliki rambut panjang, sebaiknya segera ikat rambut kamu agar tidak memperparah jerawat yang ada di punggung.

10. Batasi pemakaian tas ransel

jerawat punggung
Ilustrasi pemakaian tas ransel (photo/pixabay/wal_172619)

Membatasi pemakaian tas ransel juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat di punggung. Tas ransel yang menempel di punggung membuat sirkulasi udara tertutup sehingga punggung mudah berkeringat.

Jika punggung sudah berkeringat dalam waktu yang lama, maka bakteri akan berkembang biak dan menyebabkan jerawat di punggung muncul.


Itulah cara menghilangkan jerawat di punggung yang bisa langsung kamu praktikkan. Selamat mencoba dan semoga jerawat di punggung kamu berkurang, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US