The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sudah Vaksin Secara Lengkap, Apa Masih Butuh Vaksin Booster?
Vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Health

Sudah Vaksin Secara Lengkap, Apa Masih Butuh Vaksin Booster?

Selasa, 26 Oktober 2021 15:49 WIB 26 Oktober 2021, 15:49 WIB

INDOZONE.ID - Mungkin di antara kamu sudah melakukan vaksinasi COVID-19 secara lengkap namun bertanya-tanya apakah masih butuh vaksin booster atau tidak. Hal ini pun dijawab langsung oleh pihak WHO.

Bila melihat dari situs resmi covid19.go.id, maka vaksin booster ini hanya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan saja. Hal ini sendiri dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan.

"Namun, tidak menutup kemungkinan akan melakukan pemberian vaksin ketiga kepada selain nakes ke depannya," jelas Kemenkes dikutip dari covid19.go.id, Senin (25/10/2021).

Namun, dari jawaban WHO, mereka hanya mengatakan diberikan kepada orang-orang dengan kondisi tertentu, misalnya orang yang memiliki gangguan sistem imun.

Selain itu, WHO menyarankan untuk diberikan pada orang-orang yang sistem kekebalan dan kinerja vaksin yang sebelumnya diberikan telah berkurang.

"WHO menyebutkan dosis tambahan diperlukan hanya kalau tubuh tidak merespons sesuai dengan seharusnya, atau karena kekebalan mulai berkurang seiring waktu berjalan, atau kinerja vaksin kurang dalam menghadapi beberapa varian yang muncul," ungkap Satgas COVID-19 dalam situs resminya.

"Tetapi, saat ini vaksin memberikan respons yang bagus dan terbukti kuat serta bisa bertahan menghadapi varian baru," imbuhnya.

Maka dari itu, bisa diambil kesimpulan bahwa saat ini kamu yang bukan nakes atau bukan orang yang membutuhkan seperti yang ditulis di atas, maka belum membutuhkan vaksin booster.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US