The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkes Perkirakan Vaksinasi Anak Usia 5-11 Tahun di  Indonesia Dimulai Awal 2022
Seorang tenaga kesehatan menyuntik vaksin COVID-19 kepada anak saat vaksinasi massa di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Maluku, Senin (4/10/2021). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Health

Menkes Perkirakan Vaksinasi Anak Usia 5-11 Tahun di Indonesia Dimulai Awal 2022

Selasa, 26 Oktober 2021 17:01 WIB 26 Oktober 2021, 17:01 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memperkirakan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia anak 5 hingga 11 tahun di Indonesia dapat dimulai awal 2022.

Sudah dikaji mengenai pemberian vaksin untuk usia anak-anak. Saat ini sudah ada tiga vaksin yang melakukan uji klinis," kata Budi Gunadi Sadikin, Selasa (26/10), dikutip dari Antara.

Vaksinasi tersebut nantinya akan menggunakan 3 jenis vaksin Covid-19, di antaranya Sinovac, Sinopharm dan Pfizer. Saat ini sedang dilakukan uji klinik di masing-masing negara produsen vaksin tersebut.

Budi memperkirakan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/ EUA) ketiga vaksin itu untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun akan keluar pada akhir 2021.

"Diharapkan sampai dengan akhir tahun bisa keluar ketiganya untuk EUA-nya. Kita sekarang sedang kerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga untuk memastikan bahwa kita bisa mengeluarkan sesegera mungkin sesudah di negara asalnya ketiga vaksin tersebut bisa digunakan untuk anak-anak," ujarnya.

Rencananya, EUA BPOM dikeluarkan bertepatan dengan penyelesaian hasil uji klinik ketiga vaksin di negara masing-masing.

"Kalau (vaksin) itu sudah keluar hasil uji kliniknya, kita bisa mulai digunakan di awal tahun depan," pungkas Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US