Ini yang Harus Dilakukan Orang Autoimun agar Tetap Sehat di Tengah Corona
Ilustrasi istirahat. (Pexels/Pixabay)
Health

Ini yang Harus Dilakukan Orang Autoimun agar Tetap Sehat di Tengah Corona

Agar fit.

Rabu, 15 April 2020 18:25 WIB 15 April 2020, 18:25 WIB

INDOZONE.ID - Situasi pandemi Covid-19 tentu membuat banyak orang khawatir. Terlebih virus corona baru menyebar dengan sangat cepat. Oleh karenanya masyarakat diimbau untuk diam di rumah saja guna meminimalisir risiko penularan virus.

Pada orang-orang yang rentan terpapar virus, mereka tentunya harus lebih ekstra lagi memberikan perhatian pada kesehatannya. Contoh pada orang yang sakit autoimun. Sistem kekebalan tubuhnya memiliki masalah tapi di sisi lain dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat agar terhindar dari infeksi virus.

"Orang autoimun itu 'kan antibodinya melawan tubuh sendiri jadi harus ditekan dengan obat steroid atau imunosupresan. Nah, obat itu enggak bisa milih antibodi mana yang mau ditekan, jadi kayak bom, artinya semuanya tertekan," ujar ahli alergi dan imunologi Prof. Dr. dr Iris Rengganis, SpPD-KAI kepada Indozone saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (15/4/2020).

Lebih lanjut Prof Iris menjelaskan, salah satu cara yang perlu dilakukan oleh orang autoimun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya adalah istirahat yang cukup. Orang autoimun mudah sekali lelah. Oleh karenanya, setiap beberapa jam kerja, orang autoimun perlu istirahat sejenak untuk mengisi ulang energinya.

"Orang autoimun itu khas sekali, kerja 2 jam bisa capek jadi harus istirahat dulu, ada jeda. Bisa dengan melihat yang hijau-hijau, duduk istirahat, relaksasi sambil memejamkan mata selama 10 menit. Nanti begitu istirahat, langsung semangat, tapi 2 jam bisa capek lagi," kata Prof Iris.

Selain itu, orang autoimun juga harus menjaga pola makannya dengan baik. Sebab penggunaan obat autoimun yang keras dapat menyebabkan kondisi seperti leaky gut yakni kerusakan atau kebocoran pada usus. Kondisi itu membuat bakteri jahat lebih banyak dibandingkan bakteri baik.

Prof Iris menyarankan agar orang-orang autoimun mengonsumsi makanan yang gluten free atau bebas gluten. Sebab gluten seperti tepung terigu dan tepung gandum dapat menyebabkan terjadinya leaky gut.

"Di masa pandemi seperti sekarang, orang autoimun istirahatnya harus lebih baik lagi, lebih enggak capek lagi. Mereka juga jangan keluar rumah, pakai masker terus di rumah, tiap megang apapun cuci tangan, banyak tidur mumpung di rumah enggak kemana-mana. Ini  agar sistem imunnya bisa bertahan," pungkas Prof Iris.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU