3 Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung
Ilustrasi/Pixabay
Health

3 Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung

Jumat, 29 November 2019 19:59 WIB 29 November 2019, 19:59 WIB

INDOZONE.ID - Angka kematian akibat penyakit jantung terus bertambah setiap tahunnya, tingginya kematian tersebut di dasarkan tidak mendapatkannya pertolongan pertama dengan tepat.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan pertolongan pertama. Simak yuk!

  1. Saat korban tidak sadarkan diri tapi masih bernapas dengan normal, yang harus kamu lakukan ialah memindahkan korban ke permukaan yang rendah dan biarkan kepala korban rileks dalam posisi tegak. Cara ini dilakukan untuk menghindari korban tersedak.
  2. Jika korban masih terbangun dan masih bisa merespons, lakukan beberapa hal berikut. Pertama, berikan korban baby aspirin 324mg atau aspirin dewasa 325mg. Kemudian jangan berikan korban minum atau makanan, jagalah kenyamanan korban dan buat daftar obat-obatan jika memilikinya. Ketika mendapatkan resep nitrogliserin dari dokter berikan pada korban saat dirinya merasa sakit dada.
  3. Tapi jika korban tidak sadarkan diri dan tidak bernapas, cara untuk membantunya ialah melakukan cardiopulmonary resuscitation (CPR), cara ini membuatnya lebih baik sebelum dibawa ke rumah sakit. Berdasarkan studi, cara ini bisa meningkatkan rasio selamat hingga 12 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU