The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Sepele, Stroke Juga Mengancam Usia Muda
Ilustrasi terkena stroke. (Photo/Ilustrasi/Pexels)
Health

Jangan Sepele, Stroke Juga Mengancam Usia Muda

Kamis, 14 Januari 2021 16:22 WIB 14 Januari 2021, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Dilansir dari laman Halodoc, stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Stroke bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, kebiasaan merokok, penyakit jantung, diabetes, obesitas, konsumsi obat tertentu, usia, riwayat keluarga, jenis kelamin, dan sleep apnea.

Menurut penelitian American Stroke Association (ASA), stroke adalah penyakit mematikan kelima di Amerika Serikat yang tak hanya menimpa orang di usia 60 tahun ke atas tapi juga pada orang berusia 20 – 54 tahun.

Baca Juga : Miliki Hobi Berikut Ini, Karena Baik Untuk Jantung Kamu

Dan yang mengejutkan, dari tahun ke tahun persentase kenaikannya meningkat dengan signifikan. Bahkan, masih dari penelitian yang sama, ada 11 kasus strok yang terjadi pada setiap 100.000 anak-anak yang berusia di bawah umur 18 tahun!

Meningkatnya kasus strok di usia muda diduga karena gaya hidup yang salah, seperti kebiasaan merokok dan kurangnya olahraga.

Menderita strok di usia muda sangat merugikan penderitanya, karena ancaman disfungsi salah satu organ tubuh akan memakan waktu lama untuk sembuh.

Malah, pada kasus tertentu, penderita strok usia muda akan kehilangan masa produktif secara total karena harus menjalani bed rest sepanjang hidupnya.

TAG
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US