The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Awas, Penyakit Berbahaya Dapat Menular Melalui Batuk dan Bersin
Ilustrasi orang bersin. (Ilustrasi/stjhs.org)
Health

Awas, Penyakit Berbahaya Dapat Menular Melalui Batuk dan Bersin

Selasa, 04 Februari 2020 16:16 WIB 04 Februari 2020, 16:16 WIB

INDOZONE.ID - Kabar penularan virus korona memang menggegerkan berbagai pihak. Pasalnya, virus ini mudah menular hanya lewat batuk dan bersin. Lebih mengerikan lagi, virus korona sudah memakan korban mencapai 361 jiwa.

Mirisnya, vaksin dan obatnya juga belum ditemukan. Suhazeli, seorang dokter asal Malaysia memberi peringatan keras tentang bersin dan penularan virus berbahaya.

Dalam akun Twitter-nya @suhazeli, ia menulis dalam sekali batuk jumlah cairan dari hidung dan mulut bisa mencapai jarak 8 meter. Kecepatannya pun bisa hingga 80 km/jam dan menghamburkan sebanyak 3000 cairan.

Sedangkan bersin dapat menular hingga jarak 6 meter. Kecepatannya mencapai 160 km/jam dengan menghamburkan sebanyak 100000 cairan. Dengan demikian kita sangat rentan terkontaminasi penyakit hanya lewat batuk dan bersin orang di sekitar.

bersin dan batuk
Ilustrasi/gacpr.com

Adapun penyakit yang mudah tertular lewat batuk dan bersin adalah sebagai berikut.
- Campak: 2 jam
- Tuberkulosis: 6 jam
- Influenza: 24 jam
- SARS: 48 jam
- Pertusis: 3 hari
- MersCoV: 4 hari
- Difteria: 7 hari hingga 6 bulan

Cairan hidung dan mulut yang mengandung virus berhamburan di udara selama 10 menit. Suhazeli juga memperingatkan kalau virus dan bakteri yang keluar bersama cairan batuk dan bersin bisa menularkan penyakit dan dapat bertahan selama beberapa jam.

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US