The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menginfeksi 4 Anak di Aceh, Apakah Polio Bisa Serang Orang Dewasa?
ilustrasi sampel darah untuk tes polio. (Freepik)
Health

Menginfeksi 4 Anak di Aceh, Apakah Polio Bisa Serang Orang Dewasa?

Polio ada beberapa tipe

Jumat, 02 Desember 2022 20:27 WIB 02 Desember 2022, 20:27 WIB

INDOZONE.ID - Infeksi virus polio kembali menjadi sorotan setelah ditemukannya satu kasus anak berusia 7 tahun, dan tiga lainnya di bawah 5 tahun berdomisili di Pidie, Aceh. Penemuan ini lantas menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat.

Polio adalah penyakit menular yang disebabkan infeksi virus. Penyakit ini menyerang saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan, sulit bernapas, hingga kematian.

Anggota Unit Kerja Koordinasi Infeksi Penyakit Tropik IDAI dr Raihan, SpA(K) menjelaskan, sebanyak 48 persen yang mengalami kelumpuhan merupakan pasien tanpa gejala.

Baca Juga: Waspada! Sindrom Pascapolio Setelah Infeksi Pertama: Susah Menelan hingga Susah Tidur

Hal yang saat ini dikhawatirkan, kelompok orang tanpa gejala polio tersebut malah menjadi sumber penularan, dan menjangkit orang-orang di sekitarnya.

"Kita punya empat pasien di Pidie itu, tiga tidak bergejala dan keempatnya merupakan polio tipe 2. Jadi kita tidak tahu ke depannya pasien akan mengalami kelumpuhan atau tidak, karena tipe 2 itu agak sulit penanganannya," ucap dr Raihan, dalam konferensi pers Media Group Interview, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jumat (2/12/2022).

Menurut dr Raihan, yang menjadi permasalahan saat ini, para dokter dan tenaga kesehatan hanya bisa memberikan satu imunisasi polio dari tiga tipe, yakni imunisasi polio tipe dua.

"Kalau masyarakat khawatir anaknya disuntik, padahal (polio) tipe 2 itu kekebalannya bisa didapatkan dari suntik IPV. Jadi kalau tidak diberikan (imunisasi), anak tidak bisa mendapatkan kekebalan," katanya.

Sementara itu, yang menjadi pertanyaan publik, apakah polio ini bisa menyerang orang dewasa?

Baca Juga: Polio Bisa Dicegah dengan Vaksinasi Lengkap serta Pola Hidup Bersih dan Sehat

Menurut penjelasan dr Raihan, virus polio mampu menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Namun, dari kebanyakan kasus yang terjadi di Indonesia, virus ini banyak menyerang anak usia di bawah 5 tahun.

"Pasien pertama kita usianya 7 tahun. Kemudian langsung mengambil sampel pada 21 spesimen anak usia dibawah 5 tahun dan ada tiga positif tanpa gejala sama sekali," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Achmad Rafiq
Razdkanya Ramadhanty
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US