The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ngeri, Warga India Kena Penyakit Jamur Hitam, Kuning, dan Putih Sekaligus
Pasien terinfeksi kasus jamur hitam (Pratham Gokhale/HT Photo)
Health

Ngeri, Warga India Kena Penyakit Jamur Hitam, Kuning, dan Putih Sekaligus

Mana yang paling bahaya?

Kamis, 27 Mei 2021 17:02 WIB 27 Mei 2021, 17:02 WIB

INDOZONE.ID - India telah mencatat 11.717 kasus Jamur Hitam atau Mucormycosis yang banyak dialami pasien yang pulih dari Covid-19. Namun selain jamur hitam, kasus jamur putih dan kuning juga terjadi. 

Negara bagian Gujarat, Maharashtra dan Andhra Pradesh telah melaporkan jumlah kasus jamur hitam.

Bahaya kesehatan baru ini telah muncul sebagai tantangan besar dalam pertempuran India melawan Covid-19. Kementerian Kesehatan menyatakan Jamur Hitam sudah menjadi epidemi. Ia bahkan meminta semua negara bagian untuk mencatat dan melaporkan kasus penyakit tersebut.

Selain Jamur Hitam, salah satu negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh, juga telah melaporkan kasus Jamur Putih dan Kuning.

Jamur kuning menjadi yang paling berbahaya dari ketiganya, di antara pasien yang pulih dari Covid-19.

Pasien Covid-19 (REUTERS/Adnan Abidi/File Photo).
Pasien Covid-19 (REUTERS/Adnan Abidi/File Photo).

Direktur All India Institute Of Medical Science (AIIMS), Randeep Guleria menjelaskan mengenai jamur-jamur tersebut.

“Ada berbagai jenis infeksi jamur seperti kandida, aspergillosis, cryptococcus, histoplasmosis dan coccidioidomycosis. Mucormycosis, candida dan aspergillosis lebih banyak diamati pada mereka yang imunitasnya rendah,” ujarnya seperti dilansir dari Hindustan Times.

Jamur hitam

India saat ini memiliki lebih dari 10.000 kasus jamur hitam atau mukormikosis muncul sebagai ancaman yang lebih besar di tengah gelombang kedua pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. 
Tingkat gula darah yang tidak terkendali, penyalahgunaan steroid selama pengobatan Covid dianggap sebagai penyebab wabah ini. Pemerintah telah meningkatkan produksi dan impor obatnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Pasien Covid, Jamur Hitam Ancam Penderita Diabetes dan Kanker

Jamur putih

Pada hari Kamis, Rumah Sakit Ganga Ram Delhi melaporkan jamur putih pertama dari jenisnya di mana banyak ditemukan di seluruh bagian usus. Infeksi jamur putih yang menyebabkan kerusakan tersebut belum terlihat sebelumnya, kata dokter.

Selama ini jamur putih dianggap sebagai infeksi yang umum, dapat disembuhkan dengan obat-obatan yang umum tersedia. Dr Kavita Sachdeva, kepala departemen THT di rumah sakit Netaji Subhash Chandra Bose Medical College di Jabalpur, yang baru-baru ini melaporkan kasus jamur putih, mengatakan rumah sakit tersebut mendapat lima kasus jamur putih setiap bulan. 

Hal ini biasa terjadi di daerah pedesaan karena terbawa oleh debu, jerami atau partikel sejenis lainnya. Dikenal sebagai infeksi Aspergillus Flavus dalam istilah medis, penyakit ini bukanlah penyakit baru, juga tidak mematikan seperti mukormikosis, katanya, seperti dikutip dari PTI.

Jamur kuning

Dr BP Tyagi, spesialis THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan) dari Ghaziabad, mengatakan kepada ANI bahwa jamur kuning berakibat fatal karena muncul secara internal dan tidak mudah untuk mencatat gejalanya.

Menurut laporan ANI, Ghaziabad telah melaporkan kasus infeksi jamur hitam, putih, dan kuning pada waktu yang sama pada pasien berusia 45 tahun.

Pada jamur kuning, Dr Samiran Panda, kepala Epidemiologi dan Penyakit Menular di Dewan Riset Medis India (ICMR), mengatakan spesimen perlu dipelajari karena jamur kuning terlihat pada reptil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US