The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

63 Ayam Mati Mendadak Terkena Serangan Jantung Gara-gara Musik Hajatan
Ilustrasi ayam. (Pexels/Italo Melo)
Health

63 Ayam Mati Mendadak Terkena Serangan Jantung Gara-gara Musik Hajatan

Terlalu keras.

Kamis, 25 November 2021 12:43 WIB 25 November 2021, 12:43 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 63 ekor ayam di India mati mendadak terkena serangan jantung pada Minggu, 21 November lalu. Penyebabnya diduga suara musik hajatan yang terlalu keras.

Sang pemilik peternakan, Ranjit Kumar Parida mengatakan sebuah kelompok mengadakan pesta pernikahan tradisional dengan suara musik, kembang api, dan tarian yang cukup berisik hingga memekakkan telinga.

"Saya meminta operator band untuk mengecilkan volume karena musiknya terlalu berisik dan menakutkan untuk ayam. Tapi mereka tidak mendengarkan dan teman mempelai pria malah meneriaki saya," kata Parida kepada AFP dikutip dari Straitstimes, Kamis (25/11/2021).

Parida pun meminta dokter hewan memeriksa penyebab kematian mendadak puluhan ekor ayamnya. Dokter memberi tahu bahwa penyebab kematian ayam-ayam tersebut adalah serangan jantung.

Parida pun meminta pihak penyelenggara pernikahan untuk membayar kompensasi atas kejadian ini, namun mereka menolak. Akhirnya Parida membawa masalah ini ke polisi.

BACA JUGA: Jepang Jadi Negara yang Warganya Punya Harapan Hidup Panjang, Ini 6 Alasannya

Profesor zoologi Suryakanta Mishra, penulis buku tentang perilaku hewan mengatakan kepadda Hindustan Times bahwa suara keras meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada unggas.

"Ayam diatur oleh ritme sirkadian yang dikendalikan oleh siklus terang/gelap alami siang dan malam. Kegembiraan atau stres yang tiba-tiba karena musik yang keras dapat mengganggu jam biologis mereka," kata Prof Mishra.

Setelah kasus itu bergulir di kepolisian, dua pihak akhirnya menyelesaikan masalah secara kekeluargaan dan Parida mencabut laporannya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US