Suka Membawa Ponsel ke Toilet? Hati-Hati Kesehatan dan Ponsel Kamu Ya
Ilustrasi ponsel (Pexels/Pixabay)
Health

Suka Membawa Ponsel ke Toilet? Hati-Hati Kesehatan dan Ponsel Kamu Ya

Ideal bagi bakteri untuk berkembang

Selasa, 03 Desember 2019 17:13 WIB 03 Desember 2019, 17:13 WIB

INDOZONE.ID - Teknologi menembus setiap inci kehidupan, sangat sulit untuk meninggalkan ponsel sekalipun ketika kamu mandi atau pergi ke toilet. 

Ada banyak artikel yang mengabarkan kisah mengerikan mengenai kuman yang tersebar luas, lalu apakah benar-benar buruk membawa ponsel ke kamar mandi? 

Sebuah survei Verizon yang dilakukan pada 2015 menemukan bahwa hampir 90 persen orang membawa ponsel mereka ke kamar mandi, dilansir dari Bustle

Dengan kata lain, kamu adalah minoritas jika tidak. Dan sejumlah ahli menyarankan untuk tidak melakukannya, karena berisiko untuk kesehatan fisik, tetapi memegang ponsel di tangan  juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental, lho.

Ponsel sendiri membawa banyak bakteri, faktanya dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ponsel dihuni bakteri sebanyak 10 kali lipat dari jumlah bakteri yang ada di toilet dan saat mereka membawa ke kamar mandi, maka dapat meningkatkan jumlah bakteri. 

"Banyak permukaan kamar mandi, seperti urinal, dudukan toilet, gagang, wastafel, dan faucet yang terkena kuman , dan berisiko semakin banyak kontaminasi pada ponsel menjadi lebih besar," ujar mikrobiologis Jason Tetro menjelaskan kepada Thrillist.

Banyak bakteri yang tidak berbahaya tetapi tentu saja ada banyak bakteri jahat. Sebagai contoh, bakteri feses dapat berpindah antar permukaaan. Ada virus yang berpotensi menyebabkan flu dan keracunan makanan. 

Gangguan perut juga bisa terjadi akibat bakteri E.coli dan shigella, keduanya dapat ditemukan di ponsel kamu nih. 

Dan tentunya memindahkan bakteri tertentu dari ponsel ke wajah kamu dapat menyebabkan kulit berjerawat, lho.Perangkat ponsel memberi ruang yang cukup ideal bagi bakteri untuk berkembang, 

"Ponsel sedikit panas, memberi bakteri lingkungan yang nyaman dan hangat." kata Dr. Ron Cutler kepada Metro.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bahaya membawa ponsel ke kamar mandi kan? 

Jadi, jika kamu ingin mengurangi jumlah bakteri yang kemungkinan muncul di layar ponsel, jangan menggunakannya lagi saat di toilet ya, jauhkan sejauh mungkin. 

Karena flush toilet pun bisa menyebarkan kuman ke ponsel kamu, lho. 

Jika kamu tidak bisa mematuhi aturan ini, jangan gunakan tangan yang sama untuk memegang ponsel dengan membersihkan. Dan tentu saja, ingatlah untuk selalu mencuci tangan setelah dari toilet. 

Kamu juga bisa membersihkan ponsel dengan pembersih yang dirancang khusus untuk penggunaan ponsel atau gunakan kain bersih untuk membersihkannya. 

Dan ternyata membawa ponsel ke kamar mandi bukan lah ruangan yang aman, yang bisa memengaruhi kesehatan mental dirimu, lho. 

Sejak lama kamar mandi menjadi ruangan bebas gangguan, biarkan kamu bersantai sejenak tanpa ada gangguan dari ponsel saat di kamar mandi. 

Di samping risiko kesehatan, uap dan kelembaban dalam kamar mandi dapat merusak ponsel kamu. Meskipun beberapa perangkat modern dibuat tahan air, tetapi Google menyarankan untuk menjauhkan ponsel dari air atau uap. 

Maka mulai sekarang, coba untuk membiasakan diri tidak membawa ponsel ke toilet atau kamar mandi ya demi kesehatan dirimu dan daya tahan ponsel, lho. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU