Hasil Studi: Rutin Minum Teh Bisa Bikin Hidup Lebih Lama
Ilustrasi teh. (Pexels/Mareefe)
Health

Hasil Studi: Rutin Minum Teh Bisa Bikin Hidup Lebih Lama

Teh hijau lebih bagus.

Senin, 13 Januari 2020 20:10 WIB 13 Januari 2020, 20:10 WIB

INDOZONE.ID - Kamu suka minum teh? Jika iya, ada manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari rajin minum teh.

Menurut studi yang dilakukan di Tiongkok, minum teh minimal tiga kali seminggu dikaitkan dengan hidup lebih sehat dan lebih lama.

Analisis yang dilakukan terhadap 100.902 orang yang tidak memiliki riwayat serangan jantung, stroke, atau kanker menemukan bahwa peminum teh hidup setidaknya setahun lebih lama dibandingkan mereka yang jarang minum teh. Para peminum teh ini juga berisiko lebih rendah terhadap penyakit tertentu.

Rutin minum teh bikin hidup lebih lama
Ilustrasi teh hijau. (Pexels/Pixabay)

Dikutip dari SCMP, Senin (13/1/2020), studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology ini dipimpin oleh dr. Wang Sinyan dari Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok di Beijing.

"Kebiasaan mengonsumsi teh dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dan semua penyebab kematian," kata dr. Wang.

Efek kesehatan ini paling kuat dirasakan oleh mereka yang senang mengonsumsi teh hijau dan orang-orang yang mengonsumsi teh sejak lama.

Minum teh bikin hidup lebih lama
Ilustrasi teh hitam. (Pexels/Hasan Albari)

Dalam studi yang dilakukan selama tujuh tahun, peserta dibagi menjadi dua kelompok: peminum teh rutin (tiga kali atau lebih dalam seminggu dan non peminum teh rutin (kurang dari tiga kali seminggu).

Peserta yang minum teh secara teratur memiliki risiko 20% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke, 22% lebih rendah risiko penyakit jantung dan stroke yang fatal, dan 15% penurunan risiko semua penyebab kematian.

"Dalam populasi penelitian kami, 49% peminum teh rutin lebih sering mengonsumsi teh hijau, sementara 8% lebih memilih teh hitam," kata dr. Gu Dongfeng.

Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang melindungi tubuh dari penyakit jantung dan faktornya, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Sementara teh hitam hasil dari fermentasi penuh yang dalam prosesnya polifenol dioksidasi menjadi pigmen dan mungkin kehilangan efek antioksidannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US