The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selama Pandemi Kenaikan Berat Badan Jadi Masalah Umum Dialami Masyarakat Indonesia
Ilustrasi berat badan. (FREEPIK/rawpixel.com)
Health

Selama Pandemi Kenaikan Berat Badan Jadi Masalah Umum Dialami Masyarakat Indonesia

Kurang aktivitas.

Jumat, 16 September 2022 17:00 WIB 16 September 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Kenaikan berat badan merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia selama pandemi COVID-19.

Menurut Dokter Spesialis Gizi dr. Christopher Andrian hal tersebut terjadi lantaran kurangnya aktivitas yang dilakukan selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Menkes Ungkap Pandemi COVID-19 di Indonesia Relatif Terkendali, Ini Buktinya

“Pasti selama pandemi ini kita cenderung mengurangi aktivitas ya. Semua serba online, akses serba gampang, nomor satu komplikasi yang paling sering muncul adalah peningkatan berat badan. Jadi dari tahun 2020 sampai sekarang 2022 itu banyak sekali pasien yang ke saya 2 tahun ini naik 12 kilo bahkan 20 kilo,” kata Christopher, dikutip dari Antara.

Peningkatan berat badan sendiri akan berimbas ke masalah kesehatan lainnya. Seperti kolesterol naik hingga asam urat naik.

Menurut Christopher, untuk menangani masalah tersebut cara yang dapat menjadi solusi adalah dengan melakukan diet. Namun, masyarakat diimbau untuk memahami arti diet yang sesungguhnya.

“Sebenarnya kalau ditanya diet yang sehat itu apa, adalah bagaimana caranya kita supaya kita tahu pola makan yang sesuai sama kita itu apa supaya kita bisa long lasting. Bisa jangka panjang pola makannya. Jadi gak cuma short term. Misal mau diet karena mau turunin berat badan. Terus setelah turun mau apa?” papar Christopher.

Christopher juga menghimbau masyarakat untuk hati-hati  dalam memilih pola diet yang dijalankan. Sebab, diet yang salah justru dapat memperburuk imunitas tubuh.

Baca juga: Pandemi Dianggap Usai, Epidemiolog Sebut Perlu Upaya 'Memaksa' Wajib Vaksin Booster

Menurutnya pola diet yang sehat ialah dengan berpegang pada empat pilar yakni nutrisi yang harus terpenuhi, tidur yang cukup dan berkualitas, mindfulness dengan menghindari stres, serta berolahraga yang rutin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Fitri
M Fadli

M Fadli

Editor
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US