The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Saat Hamil, Hindari Minuman Ini Karena Penyebab Keguguran
Ilustrasi orang hami. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Health

Saat Hamil, Hindari Minuman Ini Karena Penyebab Keguguran

Kamis, 14 Januari 2021 14:52 WIB 14 Januari 2021, 14:52 WIB

INDOZONE.ID - Pada saat menjalani masa kehamilan, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil untuk menjaga janin dalam kandungan tetap sehat, termasuk saat mengonsumsi minuman.

Jika dikonsumsi secara sembarangan, beberapa minuman berpotensi memicu terjadinya keguguran. Lantas, apa saja minuman penyebab keguguran?

1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi berpotensi memicu terjadinya keguguran pada awal masa kehamilan. Selain dapat menyebabkan keguguran, asupan kafein yang berlebihan dapat menghambat pertumbuhan janin.

2.  Teh

Sama seperti halnya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Konsumsi kafein berlebihan ketika hamil berpotensi menghambat pertumbuhan bayi dalam kandungan. Senyawa ini turut membuat risiko keguguran meningkat.

Baca Juga : Catat, Orang-orang Dengan Kondisi Begini Tidak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19!

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologist(ACOG), ibu hamil disarankan membatasi asupan kafein kurang dari 200 mg/hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari ibu hamil dari risiko yang mungkin ditimbulkan.

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan risiko mengalami keguguran. Di sisi lain, minuman bersoda kaya akan kandungan gula. Asupan gula berlebih pada masa kehamilan meningkatkan peluang bayi mengalami kelebihan berat badan ketika tumbuh dewasa.

5. Alkohol

Konsumsi alkohol pada masa kehamilan dapat berdampak buruk terhadap kehamilan. Salah satu efek samping konsumsi alkohol saat hamil adalah meningkatkan risiko keguguran. Selain itu, minum minuman beralkohol pada masa kehamilan juga berpotensi memicu kondisi-kondisi seperti:

  •     Meningkatkan risiko bayi lahir dalam keadaan meninggal
  •     Berdampak negatif terhadap perkembangan otak bayi
  •     Menyebabkan kelainan bentuk wajah
  •     Meningkatkan risiko bayi lahir dengan cacat intelektual
  •     Mengakibatkan kelainan jantung pada bayi

Melihat risiko yang bisa ditimbulkan, sebaiknya hindari meminum alkohol selama kehamilan. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit pun dapat berdampak buruk bagi perkembangan janin dalam kandungan.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US