The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alergi Daging dan Telur Ayam? Ganti dengan Makanan Ini Untuk Lengkapi Protein Tubuh
Ilustrasi Telur Ayam. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Health

Alergi Daging dan Telur Ayam? Ganti dengan Makanan Ini Untuk Lengkapi Protein Tubuh

Minggu, 24 Januari 2021 18:23 WIB 24 Januari 2021, 18:23 WIB

INDOZONE.ID - Telur dan daging ayam adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan protein, membantu penurunan berat badan dan mengisi banyak nutrisi serta mineral penting lainnya.

Namun, banyak orang yang mungkin menghindar untuk makan ayam, telur dan unggas lainnya karena takut terkena flu burung. Walaupun sebagian besar juga dikarenakan alergi akan daging dan telur ayam.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pedoman Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI), flu burung tidak menyebar ke manusia melalui telur dan ayam.

Baca Juga: Begini Efek Samping Jika Kamu Memakan Bawang Merah Terlalu Banyak

Nah, untuk kamu yang tetap mempertahankan prinsip dan tidak mau mengambil risiko akan dampak alergi tersebut, kamu dapat mengganti protein yang ada pada telur dan daging ayam dengan makanan lain. Apa saja ya?

1. Buah dan sayuran

Setiap individu harus makan setidaknya 2-3 porsi sayuran dan buah-buahan sehari. Meskipun buah jarang mengandung protein yang tinggi. Tetapi, ada banyak sayuran yang justru tinggi perotein.

Bayam, Bok Choy, sawi, kembang kol, jamur, artichoke, kacang hijau, jagung, dan brokoli, semuanya kaya protein dan bisa memenuhi kebuhan protein hariannya.

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya antioksidan juga sangat menyehatkan untuk tubuh. Ahli gizi merekomendasikan bahwa orang harus mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari.

Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Misalnya biji chia, yang memberikan 4 gram protein dalam 2 sendok makan. Biji rami juga merupakan sumber protein lengkap.

TAG
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US