The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penyebab Norovirus, Gejala Norovirus, Cara Mencegah Norovirus dan Obat Untuk Norovirus
Ilustrasi Norovirus (Photo by CDC from Pexels)
Health

Penyebab Norovirus, Gejala Norovirus, Cara Mencegah Norovirus dan Obat Untuk Norovirus

Rabu, 21 Oktober 2020 10:23 WIB 21 Oktober 2020, 10:23 WIB

INDOZONE.ID - Norovirus yang merupakan virus baru yang hadir di China membuat penderitanya mengalami gejala muntah, diare, dan demam. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Norovirus bukanlah virus yang asing. Lalu apa sebenarnya Norovirus tersebut?

Seperti yang kami kutip dari berbagai sumber, Norovirus adalah penyakit yang bisa terjadi berkali-kali sepanjang hidup kita namun bisa diatasi dengan sistem imun tubuh. Namun, jika sistem imun kamu rendah, maka kamu mudah terpapar penyakit ini.

Penyakit ini sudah ada lama namun tak begitu diperhatikan karena tak begitu ganas dulunya. Sampailah pada saat ini, virus ini menjadi salah satu virus yang menakutkan setelah virus corona.

Orang yang terkena penyakit Norovirus ini disebut juga dengan stomach flu atau stomach bug. Penyakit ini sendiri tak ada kaitannya dengan penyakit flu.

Berdasarkan info dari CDC, hanya beberapa jenis Norovirus saja yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit ini pun sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat serta hidup yang bersih.

PENYEBAB NOROVIRUS

Ada beberapa penyebab yang membuat kamu terserang penyakit ini. Untuk itu, kamu harus mulai berhati-hati.

Kontak dengan orang yang sedang terserang penyakit ini
Mengonsumsi makanan yang tidak bersih atau meminum air yang telah terkontaminasi
Menyentuh area mulut dan wajah dengan tangan yang terkontaminasi virus

Diketahui bahwa penyakit ini mudah menular lewat makanan dan minuman. Maka dari itu, disarankan bagi kamu untuk selalu cuci tangan serta mengonsumsi makanan dan minuman yang bersih.

GEJALA NOROVIRUS

Ada beberapa gejala yang akan kamu rasakan jika terpapar virus ini. Gejala tersebut berupa diare, muntah, mual, sakit perut, demam, sakit kepala, dan sakit di seluruh tubuh.

Biasanya yang terkena penyakit ini akan merasa lemas sepanjang hari disertai diare dan muntah. Hal ini menyebabkan adang atau inflamasi pada usus yang disebut acute gastroenteritis.

CARA MENCEGAH NOROVIRUS

Pola hidup yang sehat dan bersih adalah salah satu cara pencegahan dari terkenanya Norovirus. Berikut contohnya:

  1. Cuci tangan hingga bersih dengan sabun sebelum makan dan sesudah makan atau setelah membersihkan tempat yang kotor.
  2. Bersihkan makanan dengan air bersih, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Masak masakan dengan matang.
  3. Jangan menyediakan makanan terhadap orang yang sedang terinfeksi.
  4. Cuci baju dengan bersih, terlebih baju yang terkena kotoran. Sebisa mungkin diasingkan pencuciannya antara pakaian kotor biasa dengan pakaian yang terkena kotoran.

Selain itu kamu juga disarankan untuk menjaga lingkungan dengan bersih. Seperti membersihkan halaman rumah dan membuang air tergenang. Tentu saja hal ini juga menghindari kamu dari berbagai penyakit salah satunya demam berdarah.

OBAT NOROVIRUS

Sayangnya, hingga kini belum ada obat yang digunakan atau berhasil untuk menyembuhkan penyakit ini. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menjalankan pola hidup yang sehat serta bersih.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US