The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Menemukan Cara Mematikan Protein Perusak Virus Corona
Ilustrasi virus corona. (freepik/pikisuperstar)
Health

Peneliti Menemukan Cara Mematikan Protein Perusak Virus Corona

Ini penjelasannya.

Kamis, 19 November 2020 14:29 WIB 19 November 2020, 14:29 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi virus corona atau Covid-19 telah menyebabkan lebih dari 56 juta orang di seluruh dunia terinfeksi penyakit ini.

Virus corona memiliki sistem unik dalam memproduksi protein perusak atau protein destruktif yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia.

Virus corona bisa dengan cepat merusak organ penting di dalam tubuh manusia bahkan mengakibatkan kematian.

Baru-baru ini para peneliti di Georgetown University Medical Center menemukan cara untuk menghentikan produksi protein destruktif yang dihasilkan oleh virus corona.

Dilansir dari Science Daily, Kamis (19/11/2020), para peneliti berhasil menggunakan molekul yang terdiri dari untaian kecil RNA. Kunci dari penelitian ini adalah menggunakan microRNA (miRNA) atau silencing RNA (siRNA), yang mana keduanya merupakan molekul RNA.

Menurut peneliti, molekul-molekul ini dapat memandu ekspresi akhir terkait proses produksi protein yang terjadi pada virus.

Produksi protein virus corona itulah yang menyebabkan Covid-19 dan mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia.

Mereka menyebut bahwa virus corona memiliki kesamaan biologis dengan virus yang mengganggu sistem pernapasan, seperti flu musiman.

"Kami meyakini pendekatan studi (virus corona) ini akan menekan produksi protein virus dan dapat digunakan untuk melawan hampir semua virus pernapasan," kata G. Ian Gallicano, profesor di Departemen Biologi Molekuler dan Seluler di Georgetown University Medical Center.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US