The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tingkatkan Edukasi Perilaku Gizi Seimbang Pada Anak dengan Lagu "Isi Piringku"
Ilustrasi anak-anak mengonsumsi makanan sehat. (Freepik/Pvproductions)
Health

Tingkatkan Edukasi Perilaku Gizi Seimbang Pada Anak dengan Lagu "Isi Piringku"

Penuhi kebutuhan gizi.

Jumat, 28 Agustus 2020 18:06 WIB 28 Agustus 2020, 18:06 WIB

INDOZONE.ID - Permasalahan gizi masih saja menjadi sorotan di Indonesia. Meski Indonesia sudah merdeka, masalah pemenuhan gizi masih saja ditemukan di Tanah Air.

Perlu peran dari orangtua untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi anak agar bisa tumbuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Lagu "Isi Piringku Danone" diciptakan sebagai upaya penguatan bersama untuk bisa meningkatkan edukasi gizi seimbang untuk anak di era adaptasi baru. Menurut penelitian, lagu bisa menjadi alat bantu edukasi yang efektif untuk anak. 

"Ketika sebuah kegiatan sangat menyenangkan, maka itu bisa menjadi stimulasi efektif untuk anak. Proses otak akan lebih berjalan lancar," kata Anna Surti Nina, Psikolog Anak, dalam webinar Peluncuran Lagu "Isi Piringku Danone", Jumat (28/8/2020).

"Bernyanyi dan menari dengan lagu itu termasuk kegiatan yang menyenangkan, sehingga bisa menjadi stimulasi yang efektif," sambungnya.

Lagu ini diciptakan dalam bentuk gerak yang menarik dengan lirik edukatif berupa ajakan untuk anak agar dapat mengetahui makanan-makanan bergizi yang harus dikonsumsi. Lagu dan gerak dalam bentuk video diharapkan bisa cepat terserap oleh anak.

Kerja sama antara anak, orangtua dan guru di PAUD perlu ditingkatkan untuk memahami isi lagu ini. Karena anak-anak mungkin tidak akan bisa langsung mengerti apa isi dari lagu tersebut.

"Bukan hanya sekadar lagu, tapi diharapkan untuk guru dan orangtua juga turut menjelaskan dan memberikan informasi untuk anak supaya bisa lebih dimengerti apa itu artinya isi piringku," jelas Dra. RR. Lestari K. Wardhani, Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Kemendikbud RI.

Nah, berikut ini lagu "Isi Piringku Danone" yang bisa dinyanyikan dan diikuti gerakannya bersama-sama. 



Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US