The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Efek Samping Bagi Kesehatan saat Menggunakan Tepung Jagung Berlebihan
Tepung jagung (foodsguy)
Health

Efek Samping Bagi Kesehatan saat Menggunakan Tepung Jagung Berlebihan

Minggu, 30 Agustus 2020 12:40 WIB 30 Agustus 2020, 12:40 WIB

INDOZONE.ID - Tepung jagung adalah bahan populer yang digunakan untuk mengentalkan sup, semur, saus, dan makanan penutup. Namun, terlepas dari keserbagunaan bahan dapur umum tersebut ternyata ada efeknya untuk kesehatan.

Tepung jagung ini juga dikenal dengan tepung maizen. Tepung ini tinggi kalori dan karbohidrat. Tapi kekurangan nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral.

Dilansir dari Healthline, menggunakannya berlebihan dikaitkan dengan beberapa efek samping seperti berikut ini.

Apa saja ya?

1. Meningkatkan kadar gula darah

Tepung jagung kaya akan karbohidrat dan memiliki indeks glikemik tinggi, namun rendah serat dan nutrisi penting sehingga memperlambat penyerapan gula ke aliran darah. Karena sangat mudah dicerna sehingga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

2. Membahayakan kesehatan jantung

Tepung jagung dianggap sebagai karbohidrat olahan, itu artinya telah melalui proses ekstensif dan nutrisi yang dihilangkan. Beberapa studi mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat olahan secara teratur, seperti tepung jagung, dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

3. Kekurangan nutrisi penting

Tepung jagung juga sangat minim nutrisi. Meskipun dalam jumlah besar menyediakan mikronutrien dalam jumlah kecil seperti tembaga dan selenium, kebanyakan orang hanya menggunakan 1–2 sendok makan.

Itu artinya saat memanfaatkan tepung jagung, jangan lupa untuk menambahkan makanan padat nutrisi lainnya supaya memenuhi kebutuhan nutrisi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US