Gatal karena Alergi? Coba Obati dengan 5 Bahan Alami Berikut
Sante Pratique/ilustrasi/pixabay/cgdsro
Health

Gatal karena Alergi? Coba Obati dengan 5 Bahan Alami Berikut

Sabtu, 28 Desember 2019 14:49 WIB 28 Desember 2019, 14:49 WIB

INDOZONE.ID - Ada berbagai masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang, mulai dari jerawat, eksim, bisul hingga gatal-gatal. Jenis masalah kulit seperti gatal memang pernah dirasakan oleh semua orang.

Gatal ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah alergi. Gatal karena alergi adalah hal umum yang biasanya akan sembuh tidak lebih dalam dua minggu.

Gatal karena alergi dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh salah melawan zat yang sebenarnya tidak berbahaya dalam tubuh (alergen). Ketika alergen masuk dan menyentuh tubuh, maka akan keluar antibodi atau histamin yang menyebabkan peradangan seperti ruam dan gatal di permukaan kulit.

Pada umumnya, ketika gatal karena alergi menyerang, orang-orang akan langsung mengambil obat medis untuk menghentikan gatalnya. Tapi taukah kamu, ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan gatal karena alergi lho.

Mau tau apa saja bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gatal karena alergi? Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Minyak kelapa

kelapa
ilustrasi/pixabay/moho0

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan gatal karena alergi. Berdasarkan sebuah penelitian, minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menetralkan atom reaktif penyebab radang.

Selain untuk mengobati gatal karena alergi, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelembap kulit, terlebih bagi orang yang kulitnya cenderung kering.

2. Lidah buaya

lidah
ilustrasi/pixabay/mozo190

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika tanaman berlendir satu ini memiliki banyak manfaat. Gel dalam lidah buaya dipercaya dapat meredakan iritasi karena gatal dan melembapkan kulit. Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu merangsang pertumbuhan sel, sehingga kulit yang teriritasi akan lebih cepat sembuh dan menyamarkan bekas luka.

Meski lidah buaya memiliki segudang manfaat, namun ada sebagian orang yang tidak serasi menggunakan lidah buaya. Kalau sudah begini, ada baiknya untuk menguji lidah buaya terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit lidah buaya ke kulit punggung tangan. Lalu lihatlah reaksi yang ditimbulkan. Jika kulit tak memberikan reaksi apa-apa, artinya lidah buaya aman digunakan untuk kulit.

3. Oatmeal

oat
ilustrasi/pixabay/Pezibea

Siapa yang sangka jika oatmeal juga bisa digunakan untuk meredakan gatal karena alergi. Ini karena sifat dasar oatmeal yang bersifat humektan, untuk membantu melembapkan kulit. Berdasarkan sebuah penelitian, minyak dalam gandum berfungsi memperbaiki kulit.

Oatmeal mengandung zat anti inflamasi sperti minyak linoleat, asam oleat, dan avenanthramides yang berfungsi untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi. Kamu bisa menggunakan oatmeal untuk mengatasi gatal karena alergi dengan mencampurkannya di ari bak mandi. Caranya, kamu cukup berendam selama 30 menit dalam air hangat yang sudah dicampur dengan satu cangkir oatmeal koloid. Kemudian, bilaslah dengan air hangat.

4. Es batu

es
Quora

Kulit yang gatal, bisa diredakan dengan dikompres memakai es batu. Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup meletakkan es batu yang sudah dilapisi kain ke permukaan kulit yang gatal.

5. Daun mint

mint
ilustrasi/pixabay/congerd

Sifat sejuk daun mint atau daun peppermint berguna untuk mengurangi rasa gatal karena alergi, yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Namun perlu diingat, daun ini tak boleh langsung dioleskan ke permukaan kulit yang terluka karena gatal. Karena akan menimbulkan sensasi terbakar.

Untuk menggunakan daun mint sebagai obat gatal alami, kamu bisa mencampurkan minyak daun mint ke dalam pelembap obat gatal. Namun, obat ini berlaku untuk gatal yang ringan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU